Sukses

Parenting

Pentingnya Memperhatikan Nada Suara dan Kata-kata saat Berbicara dengan Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tua banyak memikirkan tentang bagaimana anak-anak berbicara kepada orangtuanya dan bagaimana mereka berperilaku. Sering para orangtua mengoreksi ketika anak membutuhkan disiplin dan orangtua juga memastikan anak menggunakan perilaku yang baik dan menjauhkan anak dari perilaku kasar. Tetapi kita sebagai orangtua mungkin tidak selalu memperhatikan apa yang kita katakana dan bagaimana kita mengatakannya kepada anak. Pikirkan tentang nada suara yang Mom gunakan dan perhatikan baik-baik bagaimana Mom bisa lebih lembut saat berbicara dengan anak. Bahkan jika para orangtua sedang memperbaiki masalah perilaku anak. Berikut ini adalah beberapa alasan penting mengapa nada suara dan kata-kata yang digunakan dapat membuat komunikasi dan interaksi orangtua dengan jauh lebih positif.

Bersikap Kasar Tidak Efektif

Ketika Mom berteriak atau berbicara secara agresif kepada anak, orangtua cenderung tidak akan mendapatkan hasil yang baik dan bahkan dapat merusak hubungan. Faktanya bahwa berteriak bisa sama berbahayanya dengan disiplin agresif. Tentu, anak mungkin hanya mendengarkan seklias saja dan tidak akan menanamkan kedisiplinan mereka untuk jangka panjang. Tetapi jika para orangtua menginginkan anak mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatur perilakunya sendiri, berbicara dengan lembut menjadi cara yang lebih baik.

Anak Belajar dari Perilaku Orangtua

Cara paling pasti untuk membuat anak berbicara dengan baik kepada orangtua adalah dengan melakukan komunikasi yang baik kepada anak. Dan jika orangtua terus-menerus mengkritik dan berbicara kasar padanya, ini akan memungkinkan anak meniru apa yang dilkaukan oleh orantuanya.

Akan Memiliki Hubungan yang Kuat

Saat memperlakukan anak dengan rasa hormat, Mom akan memperkuat hubungan dengannya. Ucapkan terima kasih dan tolong ketika berbicara kepada anak dan jelaskan dengan tegas bahwa orangtua juga mengharapkan anak melakukan hal yang sama. Memperlakukan satu sama lain dengan sopan membuat orangtua lebih dekat dengan anak, kata-kata kasar dan suara yang kasar akan memiliki efek sebaliknya.

Anak Akan Memperlakukan Orang Lain dengan Hormat

Ketika para orangtua menggunakan nada suara yang bagus saat berkomunikasi dengan anak di rumah, dia secara alami akan melakukannya di sekolah atau di tempat lain. Ini akan membuat anak memiliki tata karma dan cara bicara yang baik ketika dia memiliki keterampilan ini yang akan dia bawa hingga masa remajanya.

Mendisiplinkan anak tidak perlu menggunakan nada yang kasar ya Mom. Karena semua itu akan memengaruhi perilaku anak yang mungkin tidak diinginakan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading