Sukses

Parenting

Dengan Satu Perubahan dalam Merawat Bayinya, Ibu Ini Hemat Rp29 Juta

Fimela.com, Jakarta Setelah memiliki anak, seorang perempuan akan mulai memikirkan masa depan buah hatinya kelak. Demi memastikan si kecil mendapatkan masa depan yang lebih baik, seorang ibu bisa terdorong untuk membuat perubahan-perubahan baru. Seperti yang dilakukan oleh seorang ibu asal Coleranie di County Londonderry, Irlandia Utara bernama Sara Dallat ini.

Sara (24 tahun), ibu dari Maggie (1 tahun) dan Elena (8 bulan), seperti yang dilansir dari laman metro.co.uk, memutuskan untuk membuat sebuah perubahan karena mengkhawatirkan masa depan buah hatinya tersebut. Perubahan yang ia lakukan adalah mengganti penggunaan popok sekali pakai dengan popok cuci pakai. Dia memaparkan berhasil berhemat 1.500 poundsterling atau sekitar Rp29 juta setelah melakukan perubahan tersebut.

Berawal dari Tahun 2018

"Saat aku hamil, aku sadar bahwa kerusakan yang disebabkan manusia terhadap bumi tak hanya berdampak pada masa depanku, tapi berdampak juga pada masa depan anak-anakku," ungkap Sara. Dari kekhawatiran dan kesadarannya itu, Sara memutuskan untuk memulai dan menjalani hidup yang lebih ramah lingkungan. Dia membeli yang ia butuhkan dan tidak berbelanja berlebihan atau menumpuk barang terlalu banyak. Khususnya yang berkaitan dengan kebutuhan popok untuk buah hatinya. Dia mengatakan bahwa dalam kurun waktu dua tahun menggunakan popok kain cuci pakai, dia bisa berhemat 1.500 poundsterling.

Perjalanannya untuk hidup dengan lebih ramah lingkungan berawal dari tahun 2018 setelah dia melahirkan Maggie. Saat itu ia memutuskan untuk mengurangi sampah rumah tangga. "Aku ingin membesarkan anak-anakku dengan cara yang ramah lingkungan," tuturnya.

Sebagai ibu baru yang saat itu belum punya pengalaman menggunakan popok sekali pakai, dia langsung memutuskan untuk memilih popok kain untuk buah hatinya. Ada banyak pilihan warna dan pola yang tersedia serta banyak yang untuk segala ukuran. "Popok yang kubeli bervariasi harganya muldai dari 4,99 poundsterling hingga 17 poundsterling dan muat untuk Maggie sejak ia masih bayi hingga kini sudah belajar untuk memakai toilet sendiri," jelas Sara.

Penggunaan Popok Kain Membantu Sara untuk Banyak Berhemat

Bagi Sara, penggunaan popok kain sangat mudah. Setelah selesai dipakai, popok kain tinggal dicuci, dijemur sampai kering, lalu langsung bisa digunakan lagi. Penggunaan popok kain pun sangat membantunya untuk berhemat. "Sebagai ibu tunggal dengan dua anak, aku tak punya waktu untuk langsung pergi ke toko saat kehabisan sesuatu. Jadi, memiliki popok kain juga sangat memudahkan aku," kata Sara.

Selain lebih teliti dan jeli dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan, Sara juga berusaha untuk meminimalisasi penggunaan plastik di rumahnya. Saat membeli bahan makanan seperti daging, dia pergi ke toko daging lokal. Dalam membeli baju pun dia memilih baju dari bahan katun organik. Untuk kebutuhan mainan kedua putrinya, Sara membeli mainan bekas yang masih bagus kondisinya daripada membeli mainan baru.

Bagi Sara yang penting adalah membuat perubahan-perubahan kecil yang cocok untuk diri kita dan keluarga kita. "Terkadang perubahan paling kecil bisa memberi dampak yang paling besar," ujarnya. Di antara kita mungkin masih ada yang merasa kesulitan atau sudah stres duluan saat mau mencoba menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Namun, sebenarnya kita bisa memulai dari satu hal dulu yang paling sederhana dan bisa dilakukan secara konsisten untuk membuat perubahan besar.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading