Sukses

Parenting

Mendorong Kebiasaan Makan Gizi Seimbang Lewat Lagu Isi Piringku

Fimela.com, Jakarta Hingga 2020, masalah gizi seimbang masih menjadi sorotan di Indonesia. Banyak masyarakat yang kurang menerapkan kebiasaan makan gizi seimbang di berbagai rentang usia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia perihal makan gizi seimbang.

Danone Indonesia pun juga melirik isu ini dengan mendorong sarana edukasi yang baik perihal makan gizi seimbang. Salah satu sarana yang Danone Indonesia gunakan adalah lagu. Ini menjadi cara baru yang diterapkan untuk mendorong makan gizi seimbang dengan lagu "Isi Piringku".

Lebih dari sekadar mendorong makan gizi seimbang, lagu "Isi Piringku" ditampilkan dengan visual dan tarian yang menarik. Sehingga membantu proses belajar pada anak mengenai konsep gizi siembang.

"Lagu yang mengandung pesan akan pentingnya gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta minum air dan susu, dan kebiasaan cuci tangan pakai sabun disajikan dalam irama dan lirik yang mudah diingat untuk dapat diajarkan oleh para guru dan orang tua kepada anak-anak," ungkap Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia

 

Materi edukasi yang baik bagi anak-anak

Acuan penyajian porsi sekali makan dalam "Isi Piringku" merupakan panduan yang diinisiasi oleh Kemenkes RI pada 2017. Ini menjadi salah satu bentuk upaya menekan angka stunting di Indonesia.

Bekerja sama dengan Fakultas Ekologi Manusia IPB, Danone Indonesia menyusun dan memproduksi buku edukasi "Isi Piringku 4-6 Tahun" Ini menjadi pedoman edukasi makan dan minum sekali saji untuk anak usia 4-6 tahun. Guru-guru PAUD bisa menjadikan panduan ini sebagai salah satu materi edukasi anak-anak usia 4-6 tahun.

Menurut psikolog anak Anna Surti Ariani, S. Psi., M. Si., Psi lagu merupakan salah satu alat pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak. Dapat membantu menanamkan kebiasaan baik, termasuk memberikan edukasi konsep pentingnya makanan dan minuman bergizi dan menjaga kebersihan.

 

Membantu mendorong kebiasaan makan gizi seimbang

Dilengkapi dengan tarian yang menyertai lirik akan membantu anak mengingat isi lagu sekaligus membuat mereka bergerak. Hal ini sangat baik untuk diterapkan selama anak belajar di rumah sehingga mereka tidak kurang gerak.

Lagu "Isi Piringku" dapat diputar secara berulang untuk sebelum makan sehingga anak dapat melihat dan belajar secara langsung melalui makanan di piring mereka. Orangtua, guru, dan pendamping anak untuk membantunya memahami isi lagu tersebut.

Melalui lagu "Isi Piringku", Danone Indonesia berharap melalui buku pedoman ini bisa mendorong orangtua untuk lebih memahami bagaimana memenuhi asupan gizi seimbang. Dengan kehadiran lagu ini diharapkan semakin membantu orangtua dan guru menanamkan kebiasaan sehat sejak dini terkait pemenuhan asupan gizi seimbang.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Menurunkan Berat Badan Anak dengan Cara yang Sehat
Artikel Selanjutnya
Melabeli Anak dengan Sebutan Buruk, Waspadai Dampaknya