Sukses

Parenting

4 Tips Mengajarkan Anak Tentang Uang dan Menabung Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Mengajari anak-anak tentang uang dan keuangan bisa menjadi tugas yang sulit bagi orangtua. Tetapi ini adalah langkah penting untuk menyiapkan mereka menuju kesuksesan finansial jangka panjang. Mempelajari kebiasaan mengelola uang yang baik sejak dini dapat mengajari anak-anak untuk membuat pilihan yang baik seperti menabung dan menghindari hutang yang tidak perlu. Tips mengajarkan anak menabung dan mengelola keuangan sejak dini.

Mulailah Lebih Awal

Mengajari anakanak-anak literasi keuangan sendini mungkin adalah kuncinya. Begitu mereka belajar menghitung, mereka bisa memahami konsep uang dan inilah saatnya membangun kebiasaan baik. Untuk anak-anak usia 10 tahun ke bawah, mulailah dengan hal-hal dasar. Pertimbangkan tunjangan untuk keterampilan penganggaran dasar. Perkenalkan konsep kebutuhan dengan keinginan, dan perbedaan antara tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Ajarkan Dasarkan Dasar-dasarnya

Mulailah dengan membangun pemahaman dasar tentang konsep uang. Perkenalkan berbagai jenis koin dan nilai yang dimiliki masing-masing koin tersebut. Gunakan permainan mencocokan uang yang dapat dicetak ini untuk membantu anak mencocokan koin dengan tepat.

Bantu Mereka Membuat Anggaran

Meminta anak membuat anggaran akan memberikan mereka gambaran realistis tentang apa yang mampu mereka beli. Ini membantu mereka memahami nilai uang dan belajar untuk tidak menerima begitu saja. meskipun proses ini tidak akan sama dengan membuat anggaran orang dewasa, minta mereka mencatat tiga hal dasar.

Jadikan Menabung Lebih Menyenangkan

Anak-anak hanya ingin bersenang-senang, jadilah orangtua kreatif. Belikan ia celengan dengan berbagai bentuk yang lucu. Ketika mereka mencapai target tabungan, inlah saatnya mereka membeli apa yang mungkin mereka inginkan. Luangkan waktu untuk menikmati apa pun yang telah ditabung oleh anak dengan susah payah. Penguatan positif ini akan mendorong mereka menetapkan tujuan baru dan semangat menabung.

Mengajarkan anak menabung sejak dini, memang diperlukan ya Mom. Jangan biarkan anak menjadi lebih konsumtif dan menjadikan itu sebagai kebiasaan ketika mereka tumbuh dewasa kelak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Karakteristik Anak yang Tangguh
Artikel Selanjutnya
4 Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja