Sukses

Parenting

Cari Tahu Suhu Normal pada Bayi yang Berbeda dari Orang Dewasa

Fimela.com, Jakarta Suhu tubuh bisa berubah-ubah sepanjang hari. Tidak hanya orang dewasa, perubahan juga terjadi pada bayi dan anak-anak.

Di masa pandemi Covid-19 ini suhu tubuh menjadi hal yang penting dilakukan. Mengingat demam menjadi salah satu gejala terinfeksi virus corona.

Apakah suhu ini sama untuk semua umur? Melansir healthsite.com, kemampuan tubuh untuk mengatur perubahan suhu seiring bertambahnya usia.

Secara umum, orang tua lebih sulit menyimpan panas. Mereka juga cenderung memiliki suhu tubuh yang lebih rendah.

Suhu Tubuh Bayi

Lalu berapa suhu normal pada bayi? Pada kondisi normal, suhu tubuh bayi berada pada kisaran 36,5 hingga 37 derajat Celcius.

Ketika mengalami demam, suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 38 derajat Celcius dengan pengukuran melalui dubur atau suhu rektal. Jika pengukuran dilakukan melalui mulut, demam pada bayi terjadi pada suhu 37,5 derajat Celcius, dan bila dilakukan pengukuran melalui ketiak, demam pada anak akan terjadi pada suhu 37,2 derajat Celcius.

Melansir nhs.uk, idealnya untuk mengukur suhu tubuh anak dengan termometer digital agar lebih akurat.

Untuk mengukur suhu anak Anda:

Pegang si kecil dengan nyaman di lutut dan letakkan termometer di ketiaknya - selalu gunakan termometer di ketiak dengan anak di bawah 5 tahun.

Dengan lembut, tapi kuat, pegang lengan mereka di tubuhnya untuk menjaga termometer tetap di tempatnya selama biasanya sekitar 15 detik. Namun, beberapa termometer digital berbunyi bip saat sudah siap dilihat.

Tampilan pada termometer kemudian akan menunjukkan suhu anak.

Bayi mungkin mengalami suhu tinggi jika, terasa lebih panas dari biasanya saat disentuh di dahi, punggung, atau perut. Merasa berkeringat atau lembap, serta memiliki pipi yang memerah.

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Nadia Mulya Memilih Produk Perawatan Anak
Artikel Selanjutnya
Rahasia Mendidik Anak Perempuan yang Bahagia dan Percaya Diri di Era Digital