Sukses

Parenting

8 Cara Belajar Membaca Anak TK saat di Rumah

Fimela.com, Jakarta Membaca sangat dipenting dikuasai anak, apalagi ketika mereka sudah masuk sekolah Taman Kanak-Kanak (TK). Jika si kecil sudah lancar membaga, makam proses belajar akan berjalan dengan optimal.

Nah, jangan hanya mengandalkan guru di sekolah untuk mengajarkan anak. Saat di rumah, orang tua juga dapat membantu si kecil bisa membaca.

Lalu bagaimana cara mengajarkannya? Point utama yang harus dimiliki ialah kesabaran, selain itu di bawah ini yang bisa dilakukan, melansir dari berbagai sumber.

1. Ajak anak membaca bersama

Aktivitas membaca bersama akan membuat anak gemar. Ajak anak membaca buku bergambar atau buku yang bisa diwarnai agar anak semakin tertarik dengan aktivitas membaca.

2. Baca Sambil Bermain

Buat aktivitas membaca menjadi aktivitas yang santai dengan bermain karena dunia anak adalah bermain. Caralah permainan yang dapat membuatnya untuk membaca, dengan begitu anak akan merasa enjoy ketika belajar membaca.

3. Buku yang sesuai

Pilih buku yang sesuai dengan usia anak dan tentunya lebih menarik. Pilih buku yang dapat membantu anak menemukan solusi masalah yang mereka hadapi. Ini akan membantu membangun kefasihan membacanya dan belajar untuk memaknai setiap kata dan kalimat yang mereka baca.

4. Memperkenalkan Huruf Alfabet

Langkah awal belajar membaca anak TK, ialah mengenalkan huruf. Orang tua bisa mengajarkan bertahap karena huruf alfabet cukup banyak. Misalnya, bisa satu haru lima huruf.

Sambil membaca, mintalah anak untuk menuliskan huruf tersebut agar cepat ingat.

5. Menghafalkan Suku Kata

Setelah hafal dengan huruf-huruf, tahap selanjutnya ialah menghafa suku kata, suku kata mulai dari konsonan B sampai Z serta vokal a, i, u, e, o. Contohnya seperti ba, bi, bu, be, bo, ca, ci, cu, ce, co, dan seterusnya.

6. Ajarkan suku kata yang bervariasi

Lanjutkan dengan tahapan membaca suku kata yang bervariasi, seperti ba-ca, ma-ma, da-ri, ba-ju, dan lainnya. Hindarilah memberikan suku kata yang memiliki akhiran konsonan mati.

7. Kenalkan suku kata dengan konsonan mati

Melansir educenter, ajarkan anak suku kata dengan konsonan mati, misalnya yang mengandung “ny” dan “ng”.

8. Membaca kata utuh

Anak awalnya akan mengeja beberapa huruf sampai bisa menjadi kata utuh. Langkah ini adalah cara alami yang anak lakukan supaya dapat membaca kata secara benar. Ibu pun perlu melakukan pengawasan supaya anak tidak mengalami kesalahan dalam membaca. Latih ia membaca kata secara utuh hingga benar-benar lancar, lalu lanjutkan dengan mengajari ia membaca kalimat pendek.

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Seekor Hamster Membuat Anak Laki-Laki Berjuang Melawan Pneumonia Langka 
Artikel Selanjutnya
Mendidik Anak secara Dwibahasa, Orangtua Perlu Melakukan Ini