Sukses

Parenting

Ini 3 Keuntungan Ketika Anak-anak Menguasai Keterampilan Sosial dengan Baik

Fimela.com, Jakarta Keterampilan sosial yang baik memungkinkan anak-anak menikmati hubungan teman yang lebih baik. Tetapi manfaat dari keterampilan sosial yang kuat menjangkau jauh melampaui penerimaan sosial. Anak-anak dengan keterampilan sosial yang lebih baik kemungkinan besar akan memperoleh manfaat langsung. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa keterampilan sosial yang baik dapat mengurangi stres pada anak-anak. Berikut ini manfaat lain dari memiliki keterampilan sosial untuk anak-anak.

Hasil Pendidikan Karier

Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang lebih baik dalam berbagi, mendengarkan, bekerja sama dan mengikuti aturan pada usia lima tahun lebih cenderung melanjutkan ke perguruan tinggi. Mereka juga lebih mungkin dipekerjaan penuh waktu pada usia 25 tahun.

Keberhasilan yang Lebih Baik dalam Hidup

Keterampilan sosial yang baik juga dapat membantu anak memiliki masa depan yang lebih cerah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health, keterampilan sosial dan emosional anak di taman kanak-kanak mungkin menjadi prediktor terbesar untuk sukses di masa dewasa. 

Persahabatan yang Lebih Kuat

Anak-anak yang memiliki keterampilan sosial yang kuat dan bisa rukun dengan teman sebayanya cenderung lebih mudah berteman. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences menunjukkan bahwa persahabatan masa kecil baik untuk kesehatan mental anak-anak.

Jika anak tampaknya kesulitan bersosialisasi lebih dari anak lain, bicarakan dengan dokter anak. Meskipun mungkin dibutuhkan sedikit dorongan ekstra dan kedewasaan untuk mengejar ketinggalan, kurangnya keterampilan sosial juga bisa menjadi pertanda adanya masalah lain.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading