Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Perubahan Waktu Tidur Anak

Fimela.com, Jakarta Anak sangat membutuhkan waktu dan kualitas tidur yang tepat dan baik. Anak yang terbiasa tidur dan bangun di waktu tertentu, kemungkinan mereka akan mempertahankan kebiasaan tersebut.

Namun, bagaimana jika ada perubahan waktu tidur anak, seperti di akhir pekan? Dilansir dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa tips mengatasi perubahan waktu tidur anak, penasaran?

1. Mempersiapkan anak tidur sebelum waktunya

Mulailah beberapa hari sebelum waktu tidur anak berubah, dan mulailah lebih awal sekitar 10 sampai 15 menit dari waktu tidur normal dan lakukan hal yang sama dengan waktu bangun. Untuk bayi dan anak balita, waktu tidur siang dan waktu makan juga bisa dibuat lebih awal sekitar 10 hingga 15 menit. Perubahan 10 sampai 15 menit tidak mengganggu daripada perubahan 1 jam yang tiba-tiba.

2. Jangan panik

Perubahan waktu bisa membuat beberapa orangtua kewalahan. Tidak masalah, biarkan anak untuk menyesuaikan diri mereka sendiri dengan perubahan waktu dalam 3 sampai 4 hari atau lebih banyak waktu.

 

3. Memiliki rutinitas tidur

Berpegang pada rutinitas tidur akan membantu anak menyesuaikan diri dan melanjutkan pola tidur yang sehat, walaupun mereka mengalami perubahan jam. Anak sangat menyukai rutinitas, sehingga pastikan mereka memiliki rutinitas yang tepat.

4. Mengatur anak untuk tidur nyenyak

Kamu bisa membantu anak untuk tidur lebih nyenyak dengan beberapa ritual, seperti memasang musik yang lembut atau latihan pernapasan dalam. Penting untuk memahami bahwa dalam hal anak-anak, tidak ada yang sempurna. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Kegiatan yang Menyenangkan untuk Anak saat di Rumah
Artikel Selanjutnya
10 Cara Mendidik Anak Tumbuh Cerdas dan Mandiri Menurut Studi