Sukses

Parenting

6 Alasan Memanjakan Anak Tidak Begitu Baik untuk Kehidupan Masa Depannya

Fimela.com, Jakarta Membeli hadiah anak-anak bisa menyenangkan. Dan rasanya menyenangkan memberi mereka hal-hal yang tidak dapat miliki sebagai seorang anak. Pesta ulang tahun yang berlebihan, liburan mewah, tumpukan barang elektronik, dan hiburan yang tiada henti terdengar seperti masa kanak-kanak yang luar biasa. Tetapi memberi anak terlalu banyak harta, terlalu banyak hak istimewa, dan terlalu banyak kesempatan sebenarnya bisa berdampak buruk bagi mereka.

Faktanya, dalam beberapa kasus, memanjakan anak secara berlebihan sebenarnya merupakan penelantaran dan dapat memiliki konsekuensi seumur hidup bagi banyak anak. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa memanjakan anak tidak cukup sehat untuk kehidupan anak.

Anak Perlu belajar Bahwa Dia Bisa Hidup Tanpa Banyak Hal

Ketika anak-anak menerima semua yang mereka inginkan, mereka mulai berpikir bahwa mereka tidak dapat hidup tanpa gadget terbaru atau bahwa mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa sepatu baru. Penting untuk mengajari anak-anak  perbedaan antara keinginan dan kebutuhan .

Anak akan Mengira Kebahagiaan Berasal dari Barang-barang

Mudah bagi anak untuk mulai berpikir bahwa memiliki lebih banyak barang akan membantu mereka menjalani hidup yang lebih memuaskan.

Anak Berpikir Ada Hubungan Antara Kekayaan dan Kepercayaan Diri

Harta benda dapat menjadi simbol status bagi anak yang mengaggap penting untuk menunjukkan kekayaan yang dimilikinya.

Tidak dapat Menghargai Apa Pun

Ketika anak-anak memiliki banyak barang elektronik, pakaian, dan mainan, mereka tidak dapat merawatnya. Seorang anak mungkin tidak peduli ketika ada barang yang rusak dan mungkin tidak memperhatikan ketika ada benda yang hilang. Oleh karena itu, anak tidak akan belajar bertanggung jawab.

Kurangnya Disiplin Membuat Anak Tidak Mengikuti Aturan

Ketika aturan tidak ditegakkan, anak-anak mulai percaya bahwa aturan tidak berlaku untuk mereka. Mereka berada di atas aturan dan mereka mulai percaya bahwa mereka lebih istimewa daripada orang lain.

Dapat Memiliki Masalah Tentang Berjuang

Orang dewasa yang terlalu memanjakan diri saat anak-anak melaporkan perasaan tidak puas yang kronis. Banyak dari mereka melaporkan makan berlebih dan pengeluaran berlebih. Selain itu, banyak dari mereka melaporkan ketidakbahagiaan kronis dan kesulitan menghadapi kenyataan.

Jika Mom bersalah karena terlalu memanjakan anak, pilihlah untuk membuat perubahan positif dalam keluarga. Berkomitmen untuk menghentikan perilaku tidak sehat yang berbahaya bagi anak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading