Sukses

Parenting

5 Tips Membantu Orangtua Membatasi Waktu Anak Bermain di Depan Layar Elektronik

Fimela.com, Jakarta Banyak waktu tak terbatas untuk mengakses peralatan elektronik dapat membuat anak menjadi sibuk. Mom tidak ingin mereka memiliki terlalu banyak waktu di depan layar elektronik. Meskipun demikian, menetapkan batasan pada TV dan video game untuk anak-anak tidak selalu mudah di dunia yang dipenuhi layar saat ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan orang tua untuk memutuskan seberapa banyak waktu layar yang masuk akal untuk anak-anak.

Menggunakan Layar Elektronik yang Sehat

Orangtua perlu menjadi panutan penggunaan layar atau gadget untuk anak-anak mereka. Sebelum Mom menonton serial film favorit secara berlebihan, ingatlah bahwa orangtua memberi contoh untuk anak-anak dengan waktu sendiri yang dihabiskan di depan layar. Menjaga TV tetap menyala sepanjang waktu atau menggulir telepon kapan pun Mom punya waktu luang, mungkin tidak mencontoh perilaku terkait layar yang ingin Mom lihat pada anak-anak.

Didik Diri Sendiri tentang Elektronik

Anak-anak zaman sekarang sudah paham teknologi. Kebanyakan dari mereka tahu lebih banyak tentang elektronik daripada orang dewasa. Orang tua harus selalu mengikuti perkembangan aplikasi, game, dan platform media sosial, serta tren terbaru.

Misalnya, Mom tidak dapat mengajari anak tentang risiko media sosial kecuali jika Mom sendiri memahami bahayanya. Demikian pula, orangtua tidak akan dapat mencegah mereka menggunakan jenis media tertentu, seperti video game kekerasan jika orangtua tidak memahami bagaimana bentuk media ini dinilai.

Gunakan Kontrol Diri

Ada alat yang dapat digunakan untuk melindungi anak-anak dari mengakses konten eksplisit di Internet dan TV. Kebanyakan browser web, dan TV memiliki kontrol orang tua yang dapat diatur untuk menyaring atau memblokir konten yang tidak diinginkan.

Jika anak memiliki ponsel pintar, ada juga pengaturan atau aplikasi bawaan yang dapat diunduh yang memungkinkan Mom membuat filter konten. Banyak juga yang memungkinkan Mom memblokir situs web tertentu, penelusuran web, atau bahkan kata kunci.

Dorong Aktivitas Lain

Dengan banyaknya aplikasi, game, perangkat, dan konten, mudah bagi anak-anak untuk bergantung pada elektronik untuk hiburan. Dorong anak untuk mencari dan terlibat dalam aktivitas yang tidak membutuhkan layar baik gadget atau TV. Bermain di luar, membaca buku, atau lainnya adalah ide yang bagus.

Jaga Kamar Tidur Anak Bebas Layar

Mom tidak akan dapat memantau penggunaan layar anak jika mereka dapat menggunakan perangkat di luar jangkauan orangtua. Untuk alasan ini, Mom mungkin ingin membuat aturan bahwa TV, sistem video game, dan komputer tidak diperbolehkan di kamar tidur anak. 

Nah, berikut tadi beberapa tips yang dapat membantu Mom untuk membatasi anak dari layar elektronik.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
8 Tips Ampuh Mendidik Anak agar Mandiri dan Tidak Cengeng
Artikel Selanjutnya
Perjuangan dan Pesan Seorang Ibu yang Kehilangan Bayinya saat Pandemi, hanya 6 Minggu setelah Dilahirkan