Sukses

Parenting

5 Kegiatan Belajar Anak yang Menyenangkan dapat Dilakukan saat di Rumah

Fimela.com, Jakarta Sekolah bukanlah satu-satunya tempat untuk kegiatan belajar. Saat anak di rumah, Mom adalah gurunya. Tetapi semuanya tidak harus terasa seperti pelajaran di kelas. Buat anak bersemangat menemukan sesuatu yang baru dengan menyamarkan kegiatan belajar sebagai waktu yang menyenangkan. Cobalah aktivitas menarik dan efektif ini yang dapat Mom lakukan di rumah bersama anak seperti berikut ini.

Game Pembelajaran

Jalankan pembelajaran dengan memainkan permainan yang membuat anak-anak bergerak sambil belajar tentang berbagai mata pelajaran. Untuk anak-anak prasekolah, mulailah dengan permainan dasar yang membantunya mempelajari hewan ternak, angka, warna , dan bentuk. Sesuaikan permainan untuk anak usia sekolah untuk mencakup anatomi, bahasa asing, dan sejarah. Apa yang Mom pilih untuk diajarkan dengan game ini hanya dibatasi oleh imajinasi Mom.

Pelajari Dasar-dasar Pembelajaran Fonik

Mengajar anak membaca adalah salah satu hal menyenangkan yang pernah orangtua berikan kepada anak. Mempelajari dasar-dasar fonik, yaitu, gagasan bahwa huruf menghasilkan bunyi tertentu, hal ini bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak untuk kesiapan mengeja dan membaca.

Mom tidak harus duduk diam di kursi tanpa henti mengulang suara huruf. Cobalah aktivitas yang menjadikan belajar fonik sebagai petualangan, bukan pelajaran yang membosankan. Anak-anak dapat bermain game dengan mencari hal-hal yang dimulai dengan suara tertentu, berburu huruf, membuat buku alfabet, dan bahkan menggunakan kamera digital untuk menghidupkan pelajaran fonik mereka.

Praktek Menulis

Menulis adalah keterampilan yang akan digunakan anak-anak sepanjang hidup mereka. Ajari mereka untuk menulis dengan metode yang lebih dari sekadar pensil ke kertas.  Biarkan mereka mengindentifikasi huruf dengan menghubungkan titik-titik yang berhentuk abjad yang nantinya dapat mereka baca. Gunakan platisin untuk membentuk huruf atau menggambar huruf. Mereka akan terhibur dan lebih siap untuk sekolah.

Mengidentifikasi Warna

Anak-anak tertarik mempelajari warna mereka sejak usia dini. Dengan bola warna, dapat digunakan pembelajaran anak untuk mengidentifikasi warna, belajar cara menghitung, dan mulai menyortir, yang juga mendorong keterampilan motorik kasar. Pada saat yang sama, Mom membantu mereka mengembangkan keterampilan motorik halus dengan membiarkan mereka mengambil benda-benda kecil.

Menigkatkan Keterampilan Berhitung

Mengajari anak cara berhitung tampaknya sangat sederhana tetapi melafalkan angka dalam urutan yang benar hanyalah permulaan. Mainkan permainan yang memungkinkan mereka menyentuh objek yang mereka hitung secara fisik. Penelitian menunjukkan bahwa proyek langsung mengaktifkan otak anak-anak dan membantu mereka belajar lebih baik. Anak-anak yang lebih mahir dalam keterampilan berhitung dapat mencoba variasi permainan yang akan menantang lainnya.

Nah, berikut tadi beberapa kegiatan menyenangkan sekaligus cara belajar anak yang menyenangkan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Ayo Main 30 Menit Sehari untuk Mengatasi Kebosanan Anak di Rumah
Artikel Selanjutnya
Cara Belajar Membaca Cepat untuk Anak