Sukses

Parenting

5 Cara Melatih Bayi Merangkak

Fimela.com, Jakarta Antara usia enam sampai sepuluh bulan, kebanyakan bayi mulai bergerak. Coba perhatikan, pada awalanya si kecil mungkin bangun dengan posisi merangkak dan bergoyang maju mundur.

Pada akhirnya mereka akan mulai bergerak, diawali dalam proses merangkak. Bayi perlu mengoordinasikan gerakan lengan dan kakinya, serta mengembangkan kekuatan otot di lengan, bahu, dan tungkai untuk menopang berat badannya.

Pada beberapa bayi, ada yang melewati fase merangkak dan langsung bisa berjalan. Ada pula yang tidak bisa merangkak secara normal melainkan bergerak dengan cara mengesot. Mungkin ada orangtua yang tidak mempermasalahkan hal tersebut karena melihat anaknya tetap bisa berjalan. Padahal ini adalah anggapan yang salah kaprah.

“Kondisi ini menjadi masalah karena bisa membuat otot paha, panggul, lutut, dan bahu menjadi tidak kuat,” ucap dr dr Eva Devita, Sp.A (K), Senin (23/7/2018) di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Jakarta Barat, pada laman Kemenkes.

Lalu bagaimana cara melatih bayi merangkak?

1. Latih untuk tengkurap

Beri bayi banyak waktu tengkurap, mulai dari lahir. Dengan biarkan anak tengkurap dan bermainlah dengan posisi tersebut. Bayi mengembangkan kekuatan otot di bahu, lengan, punggung, dan batang tubuh yang membantunya belajar merangkak.

2. Meraih mainan

Dorong bayi untuk meraih mainan yang dia minati. Letakkan mainan yang menarik di dekatmu. Lihat apakah dia bisa bergerak ke arah benda-benda ini.

3. Berikan ruang

Pastikan bayi memiliki ruang untuk menjelajah yang aman dan diawasi. Sekarang adalah waktu untuk mulai mengasuh anak di rumah. Lihat potensi bahaya yang mungkin ada pada level bayi Anda.

4. Posisi tangan orang tua

Tempatkan telapak tanganmu di belakang kaki anak saat dia merangkak. Ini akan menstabilkan anak dan memberinya sesuatu untuk "didorong" sejak dia baru belajar merangkak.

5. Kurangi menggunakan baby walker

Baby walker diklaim dapat membantu bayi cepat berjalan. Namun penelitian menunjukkan bahwa penggunaan baby walker membuat bayi jadi malas merangkak.

 

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Pneumonia Dunia, Penyakit Mematikan Bagi Anak-anak Begini Cara Mencegahnya
Artikel Selanjutnya
Kisah Unik, Saudara Kembar Melahirkan Bersamaan di Hari Ulang Tahun Mereka