Sukses

Parenting

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Memasuki musim hujan, orangtua harus lebih waspada akan nyamuk yang makin berkembang biak. Jumlah yang semakin bertambah tentu berpotensi meningkatkan gigitan nyamuk pada bayi.

Bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi tentu akan meninggalkan rasa tidak nyaman, seperti rasa gatal. Sehingga bayi akan cenderung menggaruk saat dirinya merasa gatal dengan intesitas yang cukup tinggi.

Pada beberapa kasus, bekas gigitan nyamuk pada kulit bayi tidak mudah dihilangkan. Ia akan menimbulkan seperti ruam kemerahan di kulit dan jika tergaruk akan menimbulkan luka yang membuat bayi semakin tidak nyaman.

Sebelum bekas gigitan nyamuk menjadi semakin parah, penting bagi ibu untuk mengetahui bagaimana cara menghilangkannya. Seperti dilansir dari beberapa sumber, ibu bisa menggunakan beberapa bahan alami berikut ini untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada bayi.

 

1. Lemon

Memiliki sifat anti inflamasi dan anestasi, lemon sangat baik untuk membantu menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Potong lemon menjadi dua dan oleskan di atas bekas gigitan.

2. Es batu

Es dapat membantu mencegah peradangan dan mencegah gigitan nyamuk memengaruhi area di sekitarnya. Balut es batu dengan kain bersih, oleskan ke kulit dengan lembut berulang kali.

3. Aloe vera

Sebagai antiseptik alami, aloe vera dengan formula gel akan menjadi pereda jitu dari bekas gigitan nyamuk pada kulit. Sebelum diaplikasikan, simpan aloe vera gel di kulkas dan oleskan di area tergigit nyamuk. Ini akan mengurangi rasa gatal, bengkak, dan nyeri akibat gigitan nyamuk.

 

4. Madu

Memiliki sifat antibakteri, madu cukup efektif untuk menenangkan kulit akibat tergigit nyamuk. Ia juga dapat mengendalikan peradangan.

5. Garam

Seperti lemon, garam memiliki sifat anti inflamasi dan telah terbukti efektif menjadi obat rumahan untuk atasi gigitan nyamuk. Caranya, bersihkan area kulit dengan garam laut dan air.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Kebiasaan Menjaga Kesehatan Ini Perlu Diajarkan Kepada Anak Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan Anak Pintar di Sekolah