Sukses

Parenting

8 Cara Mendidik Anak agar Cerdas Sejak Bayi

Fimela.com, Jakarta Pakar perkembangan bayi percaya bahwa tahun-tahun pertama kehidupan seorang anak adalah waktu yang tepat untuk belajar, tetapi terkadang sulit untuk memikirkan cara baru untuk menstimulasi bayi. Otak bayi akan berkembang melalui berbagai pengalaman dan latihan.

Agar kemampuannya semakin optimal, peran orangtua pun dibutuhkan. Misalnya saja dapat menstimulasi indera bayi. Nah, di bawah ini beberapa cara membantu bayi tumbuh jadi anak cerdas, melansir Parents.com.

1. Merangsang penglihatan bayi

membuat kontak mata agar anak dapat mengenali wajah sejak dini. Julurkan lidah agar anak merangsang motoriknya, biarkan bayi menatap dirinya di cermin.

2. Mengobrol dan buatnya tertawa

Nyanyikan sebuah lagu, menngobrol dengan bayi walau mereka belum mengerti apa yang diucapkan. Gelitiki seluruh tubuhnya untuk membuatnya tertawa. Buat wajah yang lucu seperti mengembungkan pipimu.

3. Bonding

Mendekatkan diri atau bonding dengan anak memang penting, menyusui, mengganti popok, memberinya makan, menggendongnya menjadi cara untuk bonding dengan anak.

4. Aktivitas fisik

Jika anak sudah mulai merangkak, ajak mereka bermain di taman bermain, seperti bermain bola, perosotoan atau bersepada. Bisa juga melakukan aktivitas fisik di rumah dengan dance atau membuat halang rintang menggunakan bantal atau kotak.

5. Jelajahi lingkungan baru

Ajak anak melihat pohon, binantang, pergi berbelanj, ke museum, agar mereka menegtahui minatnya.

6. Ajarkan Tekstur

Ambil satu atau dua tisu, biarkan anak mengeluarkan tisu dari tempatnya. Ini dapat mempengaruhi gerak sensoriknya. Berikan anak berbagai macam jenis bahan, seperti wol, linen, sutra, gosok lembut pada kaki, perut, dan wajahnya. Lalu jika anak sudah mulai makan, bermainlah dengan makannya, biarkan dia merasakan tekstur, misal pisang, kacang, atau sereal.

7. Ajarkan berhitung dan membaca

Belikan anak buku yang menarik, para ilmuwan telah menemukan bahwa bayi semuda 8 bulan dapat belajar mengenali urutan kata-kata dalam sebuah cerita ketika dibacakan 2 atau 3 kali berturut-turut - ini diyakini dapat membantu mereka belajar bahasa. Serta orang tua bisa mendongeng dengan cerita yang menarik.

Lalu ajarkan berhitung, banyak balok yang bisa ditumpuk balita, Sambil menumpuknya biarkan dia sambil menghitung balok tersebut. Atau jumlah anak tangga di rumah, jari tangan dan kakinya, menghitung mainannya. Biasakan menghitung dengan suara keras, dan dia akan segera bergabung.

8. Perkenalkan dengan musik

Mendengarkan musik bisa bantu meningkatkan perhatian bayi dan daya ingatnya. Mengenalkan bayi pada alat musik juga bisa bantu meningkatkan kemampuan berpikirnya.

#changemaker

Loading