Sukses

Parenting

6 Manfaat Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Fimela.com, Jakarta Menghabiskan waktu bersama keluarga memiliki dampak positif yang bertahan lama pada perkembangan emosional dan sosial anak. Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah beberapa manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga, penasaran?

1. Mendorong komunikasi terbuka

Apapun aktivitasnya, tetapkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga, tanpa gangguan pekerjaan, telepon, atau pekerjaan rumah. Ciptakan ruang untuk dialog terbuka.

Waktu bersama keluarga yang berulang dapat memecahkan masalah dengan memberikan kesempatan yang konsisten untuk berkomunikasi dan didengarkan. Ini adalah sebuah pengalaman yang meningkatkan hubungan emosional.

2. Membangun harga diri

Selain memperkuat ikatan emosional, komunikasi juga membantu membangun harga diri pada anggota keluarga yang mungkin kurang percaya diri.

 

3. Menunjukkan dinamika keluarga dan hubungan yang positif

Anak belajar meniru orangtua mereka. Ini berarti setiap kali seluruh keluarga berkumpul, ada kesempatan untuk mengajar dengan memberi contoh.

4. Memperkuat aturan keluarga

Aturan keluarga memainkan peran besar dalam memastikan sebuah rumah tangga berjalan dengan baik. Menyampaikan pentingnya mendengarkan orang lain tanpa gangguan atau menekankan tentang pentingnya kontribusi setiap orang di dalam rumah dapat dilakukan ketika waktu kumpul bersama keluarga.

5. Membantu memenuhi kebutuhan emosional

Menyisihkan waktu untuk dihabiskan bersama keluarga dengan mengesampingkan hal-hal lain dapat membuatmu benar-benar fokus pada kebutuhan emosional keluarga.

6. Meningkatkan kesehatan mental

Ritual keluarga dan waktu berkualitas dengan orangtua berkorelasi dengan peningkatan kesehatan mental dan lebih sedikit perilaku nakal di kalangan remaja.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading