Sukses

Parenting

Pentingnya Bonding Time antara Orangtua dan Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua tentu menginginkan anak mereka menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh. Tentunya, hal itu membutuhkan kerja keras dan upaya dari orangtua untuk membantu anak dalam tumbuh kembang anak untuk menjadikan mereka pribadi yang mandiri.

Bonding time merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan antara anak dengan orangtua untuk menciptakan ikatan. Bonding time juga dapat membantu anak merasa aman, percaya diri, bahagia dan pada akhirnya mereka dapat menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh.

Dalam acara peluncuruan Cusson Kids Play, telah mengundang tiga pembicara yakni Roslina Verauli, M.Psi., Psi., Dian Ayu, dan Riza Rahman. Dalam acara ini juga dijelaskan pentingnya bonding time bagi anak dengan melakukan bermain bersama antara anak dengan orangtua.

Menurut Roslina Verauli, M.Psi., Psi. seorang psikolog klinis anak, remaja dan keluarga mengatakan, bahwa bonding time ini dapat dilakukan dengan bermain bersama antara orangtua terutama Mom dan anak. Dimulai dari periode emas, dimulai dari anak baru lahir hingga berusia 6 bulan, bonding time tentu sudah dapat dilakukan dengan mengajak mengobrol si kecil, saat menyusui, dan bahkan saat memandikan si kecil.

Bonding time akan terbentuk saat ada kegiatan bersama antara Mom dengan anak. Dan hal ini sangat berdampak positif bagi si kecil misalnya seperti meningkatkan kemampuan bahasa, emosi dan kemandirian pada anak. Tentunya, bonding time itu sendiri juga bermanfaat bagi Mom, yakni merasa bangga dan senang ketika melihat anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan tanggu seperti yang diinginkan.

 

Ikatan antara Orangtua dan Anak dapat Memengaruhi Perkembangan Anak

Nah, di saat perkembangan zaman mulai berkembang seperti saat ini yakni hidup di zaman melek dengan teknologi, tentunya juga perlu diperhatikan bagi setiap orangtua. Perkembangan anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik tetapi juga dipengaruhi oleh pola pikir, lingkungan dan budaya global atau sering kita sebut dengan budaya digital.

Dalam hal ini, mampukan para Mom membantu anak menghadapi budaya digital? Saat ini, anak perlu untuk memahami digital. Mereka dapat belajar melalui bermain, lalu munculah pertanyaan, apakah anak boleh menngunakan gadget? Ya, tentunya anak perlu untuk bersentuhan dengan gadget ketika mereka berusia 6 tahun. Di usia 6 tahun ini, mereka bisa menghabiskan waktu sebanyak 5 jam untuk bermain, 2,5 jam dengan permain aktif dan 2,5 jam untuk permainan pasif.

Menurut Dian Ayu, seorang ibu dan content creator, mengatakan bahwa bonding time ini sangat diperlukan. Boding time itu sendiri dapat dilakukan dengan kegiatan sederhana seperti memandikan anak, menemani anak saat mandi dan lainnya, itu akan membuat anak merasa bahagia. Tentunya ada perbedaan antara ketika Mom mengajak anak bermain secara langsung dengan menemani anak main sendirian sedangkan Mom bermain gadget sendiri.

Untuk menanggapi tentang budaya global yang erat kaitannya dengan gadget, Dian Ayu juga mengenalkan anaknya dengan gadget. Namun, ia juga memberikan batasan untuk penggunaan gadget itu sendiri. Ia menerapkan maksimal satu jam untuk menggunakan gadget dan ketika anak-anak menggunakan gadget ia pun turut menemani sang anak serta melakukan interaksi dengan anak saat mereka bermain.

Banyak Permainan yang dapat Dilakukan Bersama dengan Anak untuk Menciptakan Bonding

Bagi Riza Rahman, seorang Head of Marketing Asia of PZ Cussons Indonesia, ia juga berpendapat yang sama, yakni bahwa bonding time dapat membuat ikatan anak dengan orangtua menjadi lebih dekat. Selain itu akan menjadikan anak sebagai pribadi yang mandiri, tangguh dan kreatif.

Terlebih di saat pandemi seperti ini, tentunya terdapat keterbatasan kegiatan yang dilakukan orangtua bersama dengan anak di rumah. Nah, karena dengan adanya tekonologi, ini akan menjadi jembatan untuk melakukan bonding kepada anak. Dalam acara ini telah diluncurkan aplikasi permainan anak. Di mana Cusson Kids merancang platform bermain antara anak dengan orangtua yang dapat mendukung eksplorasi, imajinasi, kreativitas dan kehangatan antara anak dan orangtua. Aplikasi game Cussons Kids Play mendukung ekplorasi kreativitas anak dengan menyediakan beragam permainan seru dan menarik yang dapat dinikmati bersama orang tua di waktu senggang.

Nah, dari acara ini diharapkan membantu orangtua untuk terus mendukung perkembangan anak dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat yang menjadikannya pribadi yang kreatif, imajinatif, mandiri dan tangguh.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading