Sukses

Parenting

Benarkah Es Krim Bikin Batuk dan Pilek Pada Anak? Berikut Jawaban Dokter

Fimela.com, Jakarta Cemilan merupakan elemen makanan yang tidak bisa dipisahkan dari asupan harian anak. Berdasarkan studi, hampir semua anak Indonesia 97.7 persen mengonsumsi camilan dan minuman kemasan. Es krim pun menjadi camilan favorit anak-anak.

Namun, terkadang orangtua ragu ketika memberikan es krim kepada si kecil. Takut batuk dan pilek menjadi salah satu alasan mengapa orangtua enggan memberikan camilan dingin ini.

Padahal menurut dokter spesialis anak, dr Attila Dewanti Sp.A(K) makan es krim tetap boleh diberikan namun pastikan si kecil tidak memiliki alergi susu atau dingin.

"Alergi dingin dan susu itu pemicu anak pilek dan batuk ketika makan es krim," ujar dr Attila dalam acara 'Paddle Pop Pelopori Standar Cemilan Baik Lewat Logo Cemilan Baik Untukmu'

dr. Attila menyampaikan jika anak dalam keadaan sehat konsumsi es krim tidak memicu batuk dan pilek. Camilan es krim juga bisa diberikan kepada si kecil ketika sudah berusia satu tahun.

Memilih camilan untuk anak

Ada beberapa kriteria cemilan baik yang bisa diberikan kepada anak. Misalnya, pilihlah cemilan dengan kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak.

Cemilan yang memiliki kandungan susu ataupun buah sangat baik untuk anak. Berdasarkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam satu hari anak dan orang dewasa konsumsi gula tidak lebih dari 50 gram, lemak jenih tidak lebih dari 10 persen. Camilan untuk anak tidak lebih dari 20 persen kebutuhan energi harian.

“Susu memiliki beragam manfaat bagi anak-anak, karena memiliki kandungan protein & kalsium yang menunjang pertumbuhan tulang anak secara optimal. Buah juga mengandung berbagai jenis vitamin yang dapat membantu tumbuh kembang anak dan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, balita & anak usia sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan 2-3 porsi setiap hari,” lanjut Attila.

Kini, memilih camilan sehat pun dipermudah dengan logo Cemilan Baik Untukmu yang diperkenalkan oleh Unilever Indonesia pada produk es krim Paddle Pop. Es krim ini memiliki kalori tidak lebih dari 110kkal, 12 gram gula, dan 3 gram lemak jenuh.

‘Cemilan Baik Untukmu’ untuk memberikan jaminan kandungan es krim Paddle Pop yang baik untuk anak. Logo ini akan diaplikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop jelas Hernie Raharja, Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia.

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Permainan Virtual Edukatif, Solusi Atraktif untuk Isi Liburan Anak
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Permainan Virtual Anak untuk Mencapai Weel Being si Kecil, Orangtua Wajib Tau