Sukses

Parenting

Beda Jenis Transportasi Beda Juga Bahan Bakarnya, Yakin Anak Sudah Paham?

Fimela.com, Jakarta Mengulik tentang transportasi memang sering bikin anak excited dan penasaran sendiri. Nggak heran jika banyak pertanyaan terlintas di benaknya, misalnya tentang bahan bakar. Apakah anak sudah paham jika beda jenis transportasi ternyata juga beda bahan bakarnya? Yuk, temukan lebih jauh lewat video pembelajaran seru yang dibuat oleh Kemendikbud ini!

Mengenal Berbagai Macam Bahan Bakar Transportasi

Dalam video Belajar dari Rumah Episode 15 untuk anak kelas 4 SD, teman-teman di rumah akan diajak mengenal berbagai macam bahan bakar untuk alat transportasi. Ternyata, beda kendaraan beda juga bahan bakar yang digunakan.

Pesawat terbang misalnya menggunakan 2 jenis bahan bakar, yaitu avtur dan avgas. Sebuah pesawat terbang rata-rata membutuhkan 110 liter avtur per menitnya. Jadi, pesawat membutuhkan 6,6 kiloliter avtur untuk terbang selama 1 jam. Jika menggunakan prinsip pembulatan ke atas, pesawat membutuhkan 7 kiloliter avtur per jamnya. Dalam video ini juga teman-teman diajak menghitung berapa banyaknya avtur yang dibutuhkan untuk terbang ke tujuan tertentu.

Selain avtur, ada juga jenis bahan bakar lainnya yaitu Pertamax. Jenis bahan bakar yang satu ini memiliki nilai oktan 92. Semakin tinggi nilai oktan suatu bahan bakar, artinya proses pembakaran lebih sempurna sehingga polutan yang dihasilkan lebih minim. Jadi lebih ramah lingkungan.

Dalam materi belajar episode kali ini, teman-teman di rumah nggak hanya diajak mengenal bahan bakar saja. Ada juga sesi membaca dongeng Sahabat Kecil Putri Pandan Berduri yang punya alur cerita menarik. Selain itu, ada mini project membuat miniatur alat transportasi dengan bahan yang ada di sekitar, seperti kardus bekas, botol bekas, sandal jepit, lem atau selotiup, penggaris, gunting, pensil atau krayon.

Belajar Menghitung Harga Bahan Bakar

Pada video Belajar dari Rumah episode 15 untuk kelas 5 SD, Kak Kinan mengajak teman-teman di rumah belajar membedakan berbagai bahan bakar minyak yang biasa digunakan untuk kendaraan. Umumnya ada 3 jenis BBM yang biasa dijumpai yaitu Premium, Pertalite, dan Pertamax. Pada dasarnya ketiganya hampir sama, yang membedakan hanyalah bilangan oktan dari masing-masing bahan bakar tersebut. 

RON atau Research Octane Number adalah perbandingan jumlah oktana dan heptana pada bensin. Semakin tinggi kandungan oktana di dalamnya, semakin bagus kualitas bensin. Premium memiliki RON 88, artinya 88% kandungannya adalah oktana dan 12% sisanya heptana. Sementara itu Pertalite memiliki RON 90 yang berarti 90% kandungan oktana dan 10% sisanya heptana. Pertamax adalah yang memiliki RON tertinggi yaitu 92 dengan 92% kandungan oktana dan 8% heptana.

Di Indonesia sendiri, harga BBM ditentukan oleh pemerintah. Harganya disesuaikan dengan harga minyak dunia.

Kak Kinan juga mengajak teman-teman untuk menghitung berapa banyaknya bahan bakar yang dibutuhkan saat menempuh jarak tertentu. Rumus yang digunakan adalah Banyaknya bahan bakar sama dengan uang yang dibayarkan.

Episode 5 Belajar di Rumah untuk kelas 5 SD juga makin menarik karena Kak Kinan mengajak teman-teman di rumah untuk membaca cerita Nahkoda Pesisir Barat yang nggak kalah seru. Selain itu teman-teman juga diajak untuk belajar membaca garis bilangan!  Nggak ketinggalan Kak Kinan juga mengingatkan proyek kreatif buat teman-teman di Kelas 5.

Asyik banget kan video Belajar dari Rumah yang satu ini karena ada banyak pengetahuan baru yang bisa dipelajari. Yuk, dukung terus program Belajar di Rumah dan saksikan setiap hari Senin-Jumat hanya di TVRI!

(*)

;
Loading