Sukses

Parenting

5 Pilihan Obat Alami untuk Atasi Sakit Perut Anak

Fimela.com, Jakarta Tidak hanya orang dewasa, anak-anak cukup rentan terhadap sakit perut. Terlebih sistem pencernaan yang belum cukup kuat membuat anak lebih sering menderita sakit perut daripada orang dewasa.

Dampak dari sakit perut yang dirasakan anak-anak pun bisa beragam. Mulai dari gangguan tidur, pola makan yang terganggu, perubahan suasana hati, hingga penurunan berat badan. Untuk itu, sakit perut pada anak harus segera diatasi untuk mencegah dampak yang lebih serius.

Jika belum sempat ke rumah sakit atau memeriksakan kondisi anak ke dokter, ibu bisa menggunakan beberapa obat alami berikut ini untuk mengatasi sakit perut pada anak.

1. Teh hangat

Teh chamomile cukup efektif untuk membantu mengurangi rasa sakit pada hangat. Ia memiliki sifat anti inflamasi dan obat penenang untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

 

2. Pepaya

Pepaya memiliki enzim papain dan chymopapapin untuk menurunkan keasaman dalam perut dan memecah protein. Sehingga pepaya kerap digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan.

3. Kompres perut dengan handuk hangat

Cara ini terbilang paling aman untuk meredakan rasa sakit perut pada anak karena dinilai tidak menimbulkan efek samping. Orangtua hanya perlu memerhatikan suhu air yang digunakan untuk mengompres perut anak. Gunakan handuk bersih untuk mengompres. Bisa juga kenakan kantung air yang berisi air hangat untuk dikompres pada perut.

4. Yogurt

Yogurt menjadi makanan yang mengandung probiotik tinggi. Ia merupakan bakteri baik untuk meringankan gangguan pencernaan dan kembung pada perut. Selain itu, yogurt juga dapat meningkatkan imunitas tubuh pada anak. Akan lebih baik jika diberikan yogurt tawar sebagai penanganan sakit perut pada anak.

5. Makanan tawar

Dengan makanan yang rasanya cukup kuat akan memperburuk kondisi sakit perut pada anak. Sebaiknya berikan makan makanan yang tawar atau minim rasa untuk mencegah iritasi lambung. Selain itu, tubuh akan lebih mudah mencerna makanan yang rasanya tawar.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

;
Loading