Sukses

Parenting

Doa Kelahiran Anak dari OrangTua dan Kerabat

Fimela.com, Jakarta Kelahiran anak sudah pasti menjadi kebahagian terbesar bagi setiap orangtua. Kegembiraan ini tak terbatas pada kedua orangtua saja, tetapi juga menyeluruh dirasakan oleh segenap keluarga, saudara, maupun kerabat.

Bagaimana tidak, kelahiran anak menjadi prosesi kehidupan yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya setelah 9 bulan lamanya berada di kandungan sang ibu. Karena itu, doa kelahiran anak perlu diucapkan sebagai bentuk rasa syukur karena telah dikaruniai anak dalam kondisi yang sehat.

Dalam syariat agama Islam, mengajarkan untuk melakukan rangkaian dzikir dan doa untuk anak yang baru lahir. Doa-doa ini juga perlu dipanjatkan agar si kecil terhindar dari hal buruk, termasuk godaan setan yang terkutuk.

Rangkaian dzikir dan doa kelahiran anak telah dirangkum oleh Sayyid Muhammad bin 'Ali al-Tarimi dalam salah satu kitabnya. Berikut ini doa dan dzikir untuk anak bayi baru lahir yang bisa dipanjatkan untuk orangtua maupun kerabat yang menjenguk, dirangkum dari berbagai sumber.

Doa kelahiran anak baru lahir

1. Membaca adzan pada telinga bayi sebelah kanan

2. Membaca iqamah pada telinga bayi sebelah kiri

3. Membaca doa berikut pada telinga bayi sebelah kanan اللهم اجْعَلْهُ بَارًّا تَقِيًّا رَشِيْدًا وَأَنْبِتْهُ فِي الْإِسْلَامِ نَبَاتًا حَسَنًا

Latin: Allâhummaj'alhu bârran taqiyyan rasyîdan wa-anbit-hu fil islâmi nabâtan hasanan.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah ia (bayi) orang yang baik, bertakwa, dan cerdas. Tumbuhkanlah ia dalam islam dengan pertumbuhan yang baik."

4. Membaca surat al-Ikhlâsh pada telinga bayi sebelah kanan

5. Membaca surat al-Qadr pada telinga bayi sebelah kanan

6. Membaca ayat Q.S. Ali Imran (3: 36) pada telinga bayi sebelah kanan وَإِنّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Latin: Wa innî u'îdzu bika wadzurriyyatahâ minasysyaithânir rajîm

Artinya: "Aku memohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari pada setan yang terkutuk."

7. Membaca doa berikut pada telinga bayi sebelah kanan:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَآمَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَآمَّةٍ

Latin: A'ûdzu bikalimatiLlâhi at-tâmmati min kulli syaithânin wa hâmmatin wamin kulli 'ainin lâmmatin

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah dari segala setan, kesusahan, dan pandangan yang jahat."

 

Doa untuk menjenguk bayi yang baru lahir

Tak hanya untuk orangtua, ada pula ucapan doa untuk bayi yang baru lahir, yang bisa dipanjatkan ketika menjenguk saudara atau kerabat yang baru melahirkan. Berikut doanya,

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ وَبَلَغَ أَشُدَّهُ وَرُزِقْتَ بِرَّهُ

Latin: Bârakallâhu laka fil mauhûbi laka wasyakarta al-wâhiba wa balagha asyuddahu wa ruziqta birrahu.

Artinya: "Keberkahan bagimu atas apa yang telah dianugerahkan padamu. Kau bersyukur pada Sang Pemberi, telah sampai pada kesenangan dari-Nya, dan (semoga) diberikan rizki atas kebaikan-Nya."

Sementara itu, pihak yang dijenguk dianjurkan membaca doa berikut ini: بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ أَوْ أَجْزَلَ اللهُ ثَوَابَكَ

Latin: Bârakallâhu laka wa bâraka ‘alaika wa jazâkallâhu khairan wa razaqakallâhu mitslahu au ajzalallâhu tsawâbaka

Artinya : “Semoga engkau diberkahi Allah, semoga keberkahan Allah tercurah atas dirimu, semoga Allah membalas kebaikan bagimu, semoga Allah memberikan rizqi yang sama padamu atau Allah menyegerakan pahala bagimu”.

Penulis: Hilda

;
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Ciri-Ciri Anak Sehat
Artikel Selanjutnya
5 Rekomendasi Sabun Mandi untuk Anak yang Memiliki Eksim