Sukses

Parenting

Kebutuhan Bayi Baru Lahir yang Jadi Prioritas

Fimela.com, Jakarta Perlengkapan bayi baru lahir adalah perlengkapan yang paling penting untuk dipersiapkan jauh-jauh hari. Pasalnya jika kita lupa menyiapkan salah satu perlengkapan terpenting, akan sangat fatal akibatnya. Namun, jangan sampai kita memborong semua perlengkapan yang tidak penting dan berujung tak terpakai. Ingatlah bahwa yang dibutuhkan bayi hanyalah popok, tempat tidurnya, dan selimut untuk membalut tubuhnya.

Oleh sebab itu, penting bagi ibu mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir jauh-jauh hari. Dilansir dari parents.com, ini adalah beberapa daftar perlengkapan kebutuhan bayi baru lahir yang penting untuk dicatat.

Furnitur dan Tempat Tidur Bayi

Furnitur untuk melengkapi kamar bayi baru lahir adalah hal yang sangat esensial dibutuhkan bayi. Selain tempat tidur, jangan lupa menambahkan kabinet untuk ganti bayi dan lemari pakaian untuk si kecil. Pastikan tempat tidur dilengkapi matras dan selimut yang lembut. Biasanya di kamar bayi juga disediakan kursi untuk menyusui atau kursi yang bisa bergoyang untuk membuat bayi tidur lebih tenang.

Jangan lupa sisihkan tabungan untuk membeli air purifier serta baby monitor jika kamar bayi terpisah dengan ibunya. Tipsnya jangan membeli tempat tidur second-hand karena kita tidak tahu kondisi dan kualitasnya. Jangan lupa untuk membeli stroller bayi. Pilih stroller yang travel friendly, karena biasanya kereta dorong jenis tersebut lebih mudah dilipat serta ringan dibawa kemanapun.

Baju Bayi, Kain, Perlak, Seprai dan Selimut Bayi

Bayi yang baru lahir sangat cepat pertumbuhannya. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak membeli banyak baju bayi dengan ukuran newborn, karena baju hanya akan sebentar muat di tubuh bayi yang baru lahir. Untuk kebutuhan bayi baru lahir, pilih baju berlengan pendek, baju berlengan panjang, jumper, kaos dalaman singlet ke dalam daftar perlengkapan bayi yang akan dibeli.

Memang tidak semua bayi perlu dibedong, tapi nantinya kain ini akan berguna baik sebagai alas kasur bayi ataupun selimut ringan. Beli setidaknya 1 lusin, agar punya stok lebih untuk bergonta-ganti terutama di musim hujan, dimana cucian lama keringnya. Seprai dan selimut adalah hal yang wajib dipersiapkan apalagi saat kamar bayi dilengkapi pendingin ruangan. Perlak atau alas tahan air ini akan berguna sebagai alas kasur bayi untuk menghindari air seni bayi mengenai kasur langsung saat tidak memakai popok sekali pakai. Alasi lagi bagian atasnya dengan kain tipis seperti kain untuk membedong tersebut agar kulit bayi tetap nyaman.

 

Peralatan Makan Bayi

Penting untuk mempunyai paling tidak 8 atau lebih botol dengan dot yang baru lahir. Tips coba beberapa merek untuk menemukan yang disukai bayi. Jangan lupa untuk membeli sikat pembersih botol atau keranjang pencuci piring dan rak pengeringan botol. Pendingin ASI juga diperlukan untuk dibawa berpergian atau sekadar di rumah. Jangan terlalu banyak membeli piring, botol atau alat makan karena bayi masih mengandalkan ASI.

Peralatan Menyusui Bayi

Peralatan ini biasanya berupa bantal menyusui, 2-3 bra menyusui, 2-3 kotak bantalan menyusui, popok kain dan serbet menyusui. Akan sangat menyenangkan jika ibu memiliki pompa ASI listrik atau pompa tangan. Peralatan ini bisa digunakan jika sang ibu masih bekerja di tempat kerja, jika tidak pompa tangan baik-baik saja. Kantong atau wadah penyimpanan ASI juga diperlukan. Beberapa botol dan dot jika orang lain akan menyusui bayi ASI yang dipompa.

 

Perlengkapan mandi Bayi

Pilih sabun bayi yang bebas beraroma parfum, karena aroma parfum ini akan membuat kulit bayi yang sensitif akan iritasi. Selain itu, pilih sabun yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, anti bakteri dan memiliki kandungan yang dapat melembapkan kulit bayi. Bayi cenderung memiliki kulit yang kering. Maka itu untuk meredakannya, Bunda perlu body lotion yang bisa digunakan setelah mandi. Pilih body lotion khusus bayi yang sesuai dengan usianya dan memiliki kandungan kelembaban yang tidak membuat kulit si kecil teriritasi. Jangan lupa jaga kebersihan bayi Anda dengan tisu basah, kapas, baby oil, salep ruam popok dan lainnya.

 Penulis : Adonia Bernike Anaya

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Gerakan Penghapusan Kekerasan pada Anak di Indonesia Tolak Promosi Perkawinan Anak
Artikel Selanjutnya
6 Desakan Gerakan Masyarakat Sipil untuk Penghapusan Perkawinan Anak Terkait Kasus Aisha Weddings