Sukses

Parenting

4 Hal yang Harus Dilakukan Orangtua saat Anak Mengalami Menstruasi Pertama

Fimela.com, Jakarta Beberapa orangtua akan merasa sedikit canggung untuk berbicara kepada anaknya saat mereka mengalami menstruasi pertama. Sama seperti orang tua, anak yang mengalami menstruasi pertama juga akan merasa demikian, ia akan merasa malu, bingung, bahkan takut. Oleh sebab itu, orangtua harus pandai untuk mendorong percakapan agar anak terbuka dengan hal itu.

Jangan memaksanya untuk bercerita tetapi juga jangan membiarkannya, orangtua harus pintar memancing anak agar mereka merasa nyaman, atau saat mereka mulai membahas tentang segala sesuatu yang berkaitan denga menstruasi maka masukklah dari bagian ini.

Lalu, bagaimana menangani anak yang mengalami menstruasi pertama? Simak ulasan berikut ini, ya, Sahabat Fimela.

Tenangkanlah Mereka

Sebagian besar anak pasti akan merasa khawatir saat mengalami menstruasi pertama kali. Jadi sebagai orangtua bisa memulainya dengan menjelaskan bahwa menstruasi adalah hal normal dan terjadi pada semua perempuan ketika ia menginjak usia remaja dan katakanlah kepada mereka untuk jangan merasa takut atau merasa malu denga hal itu.

Berikan Informasi

Memberikan informasi terkait dengan menstruasi juga penting untuk dilakukan agar anak mengerti dengan apa yang terjadi pada tubuhnya. Jelaskanlah tentang bagaimana proses terjadinya menstruasi, siklus menstruasi, cara menghilangkan rasa nyeri haid dan sebagainya. Mintalah kepada anak untuk bertanya jika ada hal yang masih membuatnya bingung. Jika orangtua kesulitan memberikan penjelasan atau jawaban, berikanlah anak media pendukung seperti video atau buk

Ajarkankan Cara Menggunakan Pembalut

Saat mengajarkan pada anak cara menggunakan pembalut, mungkin ia akan merasa sedikit risih atau tidak nyaman saat pertama kali menggunakannya. Tetapi biarkanlah agar mereka terbiasa. Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak mengganti pembalut setiap 4 jam sekali atau jika dirasa sudah penuh, ajarkan juga cara membersihkan pembalut yang benar, bawakan pembalut saat anak ke sekolah dan ajaklah ia berbelanja untuk memilih pembalut sendiri.

Ucapkanlah Selamat

Anak yang sudah mengalami menstruasi berarti mereka sudah memasuki masa pubertas dan sebentar lagi akan menuju dewasa. Ucapkanlah selamat kepada mereka bahwa mereka sebentar lagi akan dewasa. Dengan begitu anak akan merasa lebih tenang dan percaya diri sehingga tidak perlu merasa khawatir lagi.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua untuk mengatasi anak yang mengalami menstruasi pertama kali. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading