Sukses

Parenting

Agar Tidak Canggung, Ini Cara Mengenalkan Menstruasi Pada Anak

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya, anak butuh mengenal berbagai hal di sekitarnya. Mulai dari hal-hal yang baik, buruk, unik, aneh bahkan tabu sekalipun. Anak-anak juga perlu diperkenalkan pada hal-hal yang berhubungan segala sesuatu di sekitar mereka. Pada segala sesuatu yang biasa mereka lihat bahkan dialaminya seperti halnya menstruasi.

Bagi anak perempuan, ketika ia telah tiba usianya mendapat menstruasi pertamanya, bisa jadi ia merasa khawatir, cemas dan takut. Melansir dari laman parenting.com, peran orang tua dalam memperkenalkan menstruasi khususnya pada anak perempuan sangatlah penting. Agar tidak canggung dalam memperkenalkan menstruasi ke anak, begini caranya Sahabat Fimela.

Pelajari Seputar Menstruasi

Sebelum memberi tahu anak apa itu menstruasi, ketahui dengan baik dulu apa itu menstruasi. Kuasai dengan baik informasi seputar menstruasi agar saat menyampaikan informasi ini ke anak tidak terjadi kesalahanpahaman. Mengetahui dengan baik apa itu menstruasi juga bisa membantumu menjawab pertanyaan anak seputar menstruasi atau segala hal yang belum ia ketahui.

Beri Penjelasan Sederhana Agar Mudah Ditangkap Anak

Saat menjelaskan apa itu menstruasi, pastikan untuk memberikan penjelasan sederhana yang mudah ditangkap oleh anak. Beri juga penjelasan dengan memberi perumpamaan.

Jelaskan pada anak bahwa ketika perempuan mulai dewasa, darah akan keluar dari organ intim setiap bulannya. Itu adalah kondisi wajar dan semua perempuan mengalaminya. Saat tiba masanya menstruasi, jelaskan pula apa yang harus dilakukan anak, bagaimana menjaga dirinya dan bagaiman membersihkan diri sesuai agama yang dianut jika menstruasi telah usai.

Bersikaplah Sesantai Mungkin

Saat menjelaskan perihal menstruasi ini ke anak, bersikaplah sesantai mungkin. Jangan sampai Sahabat Fimela panik dan cemas karena ini akan membuat anak juga merasa panik serta cemas.

Perkenalkan Anak Pada Pembalut dan Persiapkan Mental Anak

Sebelum anak mendapat menstruasi pertamanya, kenalkan anak pada pembalut atau tampon. Memperkenalkan benda-benda ini akan membuat anak memahami dengan baik apa itu menstruasi dan apa yang harus ia lakukan saat mulai mendapatkannya. Persiapkan mental anak dengan sebaik mungkin agar anak tidak takut juga jijik melihat darah yang keluar dari organ intimnya. Pastikan untuk mengedukasi anak dengan baik sejak dini perihal menstruasi.

Itulah cara agar tidak canggung dalam memperkenalkan menstruasi pada anak perempuan. Agar obrolan mengenai menstruasi ini lebih menyenangkan dan nyaman, lakukan di tempat yang membuat anak nyaman dan dilakukan di tempat yang cukup privat bisa kamar anak, sambil nonton tv atau sambil duduk-duduk di teras rumah.

 

PLAYLIST VIDEO 5 AGUSTUS 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Celana Olahraga yang Nyaman Saat Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Cara Atlet Olimpiade Perempuan Mengatur Menstruasi saat Bertanding