Sukses

Parenting

Berat Badan Bayi Normal Sejak Lahir Hingga Berusia Enam Bulan

Fimela.com, Jakarta Ketika anak lahir, orangtua harus mengetahui berat badan si kecil karena menjadi salah satu tolak ukur paling mudah melihat perkembangan bayi. Walau setiap anak lahir berbeda, biasanya si kecil memiliki berat badan sekitar 2,5-4 kg.

Melansir uofmhealth, anak laki-laki biasanya sedikit lebih berat daripada anak perempuan. Bayi pertama biasanya lebih ringan dari pada saudara kandungnya. Orangtua yang memiliki perawakan besar makan bayi akan besar, sedangkan orangtua kecil umumnya memiliki bayi kecil.

Bayi baru lahir sering kali kehilangan berat badan sekitar 226,8 g dalam 4 sampai 5 hari pertama setelah lahir, tetapi kembali pada usia 10 sampai 12 hari. Pada bulan pertama, bayi baru lahir biasanya mendapatkan sekitar 20 g sehari, atau sekitar 110 g hingga 226,8 g seminggu.

Berat Badan Ideal Bayi 1–3 Bulan

Melansir Alodokter, pada bulan-bulan awal setelah lahir, pertumbuhan bayi akan berlangsung begitu cepat. Menginjak usia 3 bulan, rata-rata berat badan ideal bayi laki-laki adalah 5–7,9 kg dengan panjang 60–65 cm. Sementara pada bayi perempuan, berat badan ideal berkisar antara 4,6–7,4 kg dengan panjang badan 55–63 cm.

Pertambahan berat badan dan tinggi badan pada usia ini paling banyak dipengaruhi oleh asupan nutrisi anak. Pada usia 3 bulan, bayi memerlukan asupan nutrisi dari ASI setidaknya 8 kali sehari, atau susu formula sebanyak 4 kali. Takaran ideal yang diberikan sekali menyusui adalah 180–200 ml.

 

Berat Badan Ideal Bayi 4–6 Bulan

Pertumbuhan dan perkembangan bayi saat menginjak usia 4–6 bulan juga cukup pesat. Pada usia 6 bulan, berat badan ideal bayi laki-laki adalah 6,4–9,7 kg dengan panjang badan sekitar 63–71 cm. Sementara pada bayi perempuan, berat badan ideal berkisar antara 5,8–9,2 kg dengan panjang badan 61–70 cm.

Banyak bayi terlihat sedikit kurang sempurna dalam beberapa hari atau minggu pertama setelah lahir. Secara bertahap mereka akan mendapatkan tampilan bayi yang lucu dan sehat.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading