Sukses

Parenting

Kenali 5 Tanda Bayi Sehat dalam Kandungan Ibu

Fimela.com, Jakarta Menjadi sehat dalam kehamilan adalah yang terpenting. Jika Anda tidak menjaga kesehatan selama kehamilan, kemungkinan anak Anda mengembangkan berbagai kondisi kesehatan tumbuh berlipat ganda. Jadi, jika Anda sedang merencanakan kehamilan atau sudah hamil, Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar sehat dan begitu pula anak Anda.

Ada banyak tanda-tanda bayi sehat dalam kandungan. Tentunya cara pertama untuk mengetahui apakah bayi Anda akan sehat atau tidak adalah dengan mengetahui kesehatan Anda sendiri. Jika Anda ingin bayinya sehat, Anda sendiri harus sehat. Selain itu, ada banyak tanda yang bisa diperhatikan jika ingin memastikan kehamilan benar-benar sehat. Dilansir parentingfirstcry.com, berikut 5 tanda bayi sehat dalam kandungan.

Berat dan perut ibu Jika berat badan Anda dalam kisaran normal saat Anda tidak hamil, maka kenaikan berat badan selama kehamilan harus sekitar 13 hingga 15 kilogram. Namun, jika Anda selalu berada di sisi yang lebih tinggi dari berat badan Anda dan kelebihan berat badan atau obesitas, dokter akan menyarankan Anda untuk menambah berat badan yang relatif lebih rendah.

Untuk ini, dokter akan memandu Anda jika pembesaran ukuran perut Anda normal, lebih atau kurang.

Posisi plasenta dan posisi bayi pasca lahiran

Agar kehamilan berhasil dan tidak berakhir dengan kondisi keguguran yang serius, penting bagi plasenta untuk tetap berada di dalam rahim dan melekat padanya sampai akhir kehamilan. Hal ini sangat krusial karena jika plasenta terlepas secara prematur, dapat mengakibatkan penghentian kehamilan. Untuk ini, rahim dan juga plasenta ibu harus sehat.

Perkembangan Janin

Seiring kemajuan bulan dalam kehamilan, begitu pula berat ibu. Jika janin Anda tumbuh dengan benar, itu akan tercermin dalam peningkatan berat badan Anda atau melalui USG. Jika ada kendala dalam prosesnya, janin tidak akan tumbuh dengan baik sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan Anda.Umumnya, janin tumbuh 2 inci setiap bulan. Jadi, pada bulan ketujuh, bayi Anda harus memiliki panjang 14 inci. Pada trimester ketiga, janin yang sehat tumbuh lebih berat 700 gram setiap minggunya. Umumnya, pada bulan kesembilan, janin memiliki berat sekitar 3 kilogram dan panjangnya 18-20 inci. Semua itu adalah tanda-tanda janin yang sehat di dalam kandungan.

Detak Jantung

Jantung bayi mulai berdetak sekitar minggu kelima kehamilan. Namun, pendeteksiannya jauh lebih mudah menjelang akhir trimester pertama melalui pemantauan janin elektronik. Untuk memastikan kesehatan jantung bayi Anda, dokter Anda mungkin melakukan tes non-stres. Tes ini memantau detak jantung janin dan memberikan wawasan tentang potensi ancaman, jika ada. Sebagai alternatif, beberapa dokter bahkan mungkin menghitung detak jantung hanya dengan menyentuh perut Anda. Detak jantung yang sehat berkisar antara 110 hingga 160 denyut per menit.

Pergerakan Bayi

Selama bulan kesembilan, pergerakan bayi berhenti atau menjadi minimal. Bayi yang sehat mengambil posisi kepala lebih dulu dan mulai bergerak menuju jalan lahir.

Seorang bayi mulai bergerak setelah 5 bulan pembuahan

Secara medis, gerakan janin yang pertama disebut sebagai percepatan. Janin 6 bulan merespons suara melalui gerakan. Sekitar bulan ketujuh, janin bereaksi terhadap rangsangan seperti cahaya, suara atau rasa sakit. Pada bulan kedelapan, seorang bayi mulai mengubah posisinya dan menendang lebih sering. Penelitian telah menunjukkan bahwa pada bulan kesembilan, pergerakan menjadi berkurang karena ruang yang lebih sedikit. Semua ini adalah tanda bahwa bayi Anda yang belum lahir sehat.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#Elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading