Sukses

Parenting

5 Cara Mengungkapkan Bahasa Cinta pada Anak

Fimela.com, Jakarta Selain pasangan, bahasa cinta antara orangtua dengan anak menjadi begitu penting. Bahasa cinta menjadi konfirmasi bagi anak bahwa orangtuanya mencintai dirinya.

Menurut dr. Bethany Cook yang merupakan psikolog klinis menyebut harga diri orangtua akan meningkat ketika sang anak bahwa dirinya dicintai orangtuanya. Tak hanya itu, bahasa cinta membuat anak merasa aman sehingga mereka dapat menjelajahi dunia di sekitar mereka dengan lebih utuh.

Yang perlu orangtua lakukan adalah mencari tahu seperti apa bahasa cinta anak. Hal ini akan membuat orangtua lebih mudah terhubung dengan anak dan memungkinkan pengasuhan yang lebih mudah.

Dilansir dari Purewow, orangtua bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk menunjukkan rasa cintanya pada anak.

1. Waktu berkualitas

Menyisihkan waktu tertentu dalam satu minggu untuk anak merupakan waktu yang spesial bagi anak dan orangtua itu sendiri. Libatkan mereka sepenuhnya untuk memilih aktivitas seperti apa yang ingin dilakukan. Jika benar-benar tidak memiliki waktu untuk disisihkan, cobalah hadir di kamar mereka saat melakukan beberapa pekerjaan.

 

2. Tindakan pelayanan

Ketika orangtua mencoba membantu anak merapikan kamar atau membuatkan makanan favoritnya, secara tidak langsung orangtua memastikan kehadirannya untuk anak. Bisa jadi, tindakan pelayanan seperti apa menjadi bahasa cinta mereka.

3. Sentuhan fisik

Ketika anak sedang tantrum, cobalah untuk menyentuhnya. Kemungkinan besar ia akan menjadi tenang karena sentuhan fisik merupakan bahasa cinta bagi mereka.

4. Menawarkan pelukan

Perilaku sesederhana meremas bahu saat orangtua berjalan melewatinya atau berpegangan tangan saat berjalan bisa menjadi cara untuk mengungkapkan bahasa cinta pada anak. Ketika tiba-tiba orangtua memeluk anak tanpa harus ada alasan sudah cukup meyakinkan anak bahwa dirinya dicintai oleh orangtua.

5. Kejutan

Siapapun suka kejutan, apalagi anak-anak. Memberikan hadiah yang ia suka menjadi bahasa cinta orangtua pada anak. Sekaligus cara orangtua memberikan penghargaan betapa bangganya orangtua terhadap mereka karena telah belajar begitu keras.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading