Sukses

Parenting

5 Hal yang Harus Diajarkan Seorang Ibu pada Anak Perempuannya agar Lebih Bahagia

Fimela.com, Jakarta Menjadi ibu bagi seorang anak perempuan sangatlah menantang. Satu hal yang penting dalam hubungan ibu dan anak perempuan ialah hubungan yang dibangun di atas kepercayaan dan kejujuran.

Jika orangtua mampu melakukan hal ini tidak hanya akan menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan putrinya, namun hal ini akan membuat seorang anak perempuan akan hidup dengan lebih bahagia.

Berikut ini adalah beberapa hal yang seharusnya diajarkan oleh seorang ibu pada anak perempuannya, agar mereka lebih bahagia. Yuk! Langsung saja simak ulasan berikut ini.

Percayalah pada Diri Sendiri

Satu hal yang diketahui tentang perempuan adalah kecenderungan mereka untuk merasa kurang harga diri. Apakah mereka membandingkan diri mereka dengan teman sebaya atau dengan model sampul majalah, mereka akan selamanya mengkritik penampilan atau membandingkan penampilan mereka dengan penampilan orang lain.

Jadi, seorang ibu perlu meyakinkan padan anak perempuan bahwa mereka cantik sedari lahir. Ucapkanlah selamat atas pencapaian dan upaya mereka, meskipun hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Serta dorong mereka untuk mencoba hal-hal baru dan keluar dari zona nyaman mereka.

Jadilah Diri Sendiri

Setiap orang memiliki keinginan bawaan untuk merasa diterima dan disukai. Sorang ibu perlu mengajari putrinya bahwa jika ia benar-benar menyukai, menerima, dan menghargai diri sendiri, maka orang lain secara alami akan menyuakainya juga.

Bantulah juga agar anak merasa cukup dan percaya diri untuk membuat keputusan sendiri tanpa pengaruh luar dari orang lain.

Hargai Diri Sendiri dan Orang Lain

Banyak gadis remaja akhir-akhir ini terobsesi dengan anak laki-laki dan mencari pacar. Apakah mereka tidak mendapatkan validasi diri di rumah dan perlu mencarinya di tempat lain? Apakah mereka merasa tidak lengkap jika mereka bukan bagian dari "pasangan" atau mereka hanya mencoba mencari seseorang hanya karena semua orang punya pacar dan menjadi bagian dari kelompok?

Jika anak perempuan memiliki pacar, bicaralah dengannya dan pastikan dia tidak merasa tertekan untuk melakukan apa pun yang dia tidak nyaman. Bantu ia untuk memiliki kepercayaan diri dan keberanian untuk mengatakan "TidaK" dan dorong dia untuk berbicara dengan orangtua tanpa takut akan hal negatif. Jika dia menghargai dirinya sendiri maka orang lain juga akan demikian.

Disiplin dan Mandiri

Mintalah anak untuk bertanggung jawab atas harta miliknya sendiri, menyelesaikan pekerjaan rumahnya, dan membantu pekerjaan rumah tangga saat dia masih kecil. Ini akan membantunya di kemudian hari dalam kehidupan sekolahnya untuk memiliki tanggung jawab.

Dengan melakukan ini, oragtua sedang mengajarinya keterampilan berharga yang akan membantunya dalam semua aspek kehidupandan membantunya menjadi seorang remaja yang mandiri.

Bicara Secara Terbuka dan Jujur

Salah satu hal terpenting antara orangtua dan anak perempuan adalah menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. Remaja, terutama anak perempuan, cenderung menyimpan segala sesuatunya dalam hati baik karena mereka merasa terlalu malu untuk membicarakannya.

Atau mereka percaya bahwa mereka dapat menangani masalah itu sendiri, bahkan lebih buruk lagi mereka kadang-kadang mengabaikan masalah dan masalah itu akan hilang. Jika orangtua memulai ini pada usia dini, di kemudian hari di masa remaja mereka tidak akan takut untuk datang kepada orangtua untuk meminta nasihat tentang apa pun yang terjadi dalam hidup mereka.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus diajarkan orangtua pada anak perempuan agar mereka bisa menjalani hidup dengan bahagia. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Memiliki Ikatan yang Kuat, Ini 3 Hal Penting yang Perlu Dibicarakan dengan Ibu