Sukses

Parenting

5 Tips Penting untuk Menghadapi Anak yang Suka Mencari Perhatian

Fimela.com, Jakarta Apakah Mom merasa anak menangis atau terus berteriak? Kemungkinannya adalah anak tersebut mungkin melakukan ini untuk mendapatkan perhatian. Sebagian besar anak mendambakan perhatian ketika mereka tidak dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan orangtua mereka, tidak dapat berkomunikasi, atau juga mendapatkan reaksi apa pun dari orang tua mereka. Anak-anak cenderung melakukannya karena mereka merasa diabaikan. Dengan demikian, perilaku mencari perhatian ini dapat menguat seiring berjalannya waktu. Ini adalah kebutuhan saat ini untuk membantu anak-anak mengatasi perilaku ini.

Mom bisa menyebutnya sebagai masalah perkembangan di mana anak-anak sering menggunakannya sebagai cara komunikasi yang mudah. Sebagai orangtua, Mom perlu memiliki kesabaran dan berhenti menjadi kesal atau frustrasi. Berikut adalah beberapa tips penting bagi Mom untuk membantu anak tenang di lain waktu ketika mereka berteriak meminta perhatian.

1. Mengabaikan Perilaku Buruk

Mom harus mengabaikan perilaku buruknya alih-alih memarahinya atau mengurungnya di dalam ruangan. Cobalah untuk membuat anak mengerti akibatnya ketika mereka sudah tenang. Namun, juga tetap berempati terhadap anak.

2. Memberikan Perhatian yang Sehat

Cobalah untuk memberi mereka perhatian yang sehat. Pastikan menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak, membaca, menari bersama mereka, mendengarkan musik, bermain game, memasak, dan pergi ke luar ruangan. Pergilah berlibur singkat bersama mereka. Buat mereka merasa diinginkan.

3. Usahakan Anak Mematuhi Peraturan

Tuliskan hal-hal penting seperti tidak berteriak, tidak melarikan diri saat orangtua menelepon, atau tidak menangis dengan keras.

4. Berikan Hadiah Atas Perbuatan Baik

Jika anak mematuhi atau membantu Mom dalam melakukan tugas sehari-hari, maka beri penghargaan kepada anak atas perilaku baiknya. Reaksi negatif akan menimbulkan perilaku negatif. Bicaralah secara positif dengan mereka.

5. Berikan Kebebasan

Daripada memaksakan sesuatu pada anak, tanyakan kebutuhan mereka. Berusahalah untuk tidak keras kepala terhadap anak-anak. Melakukan hal itu dapat membuat mereka mengamuk kepada Mom. Beri anak waktu dan ruang untuk dirinya sendiri.

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat membantu Mom mengatasi anak yang mungkin suka mencari perhatian dengan melakukan tindakan yang buruk. Ingat ya Mom, pilih pola asuh anak yang tepat, karena ini akan menyangkut masa depan mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sering Menangis dan Mengamuk
Artikel Selanjutnya
Mengetahui Penyebab Anak Menangis Tengah Malam