Sukses

Parenting

6 Cara Memijat Bayi Agar Si Kecil Tidak Rewel

Fimela.com, Jakarta Pijatan hangat dari tangan orangtua akan memberi banyak manfaat bagi bayi. Seperti dapat membantu meringankan masalah perut bayi, meningkatkan perkembangan ototnya, meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan saat rewel, bahkan memudahkan bayi untuk tertidur nyenyak.

Semua belaian dan sentuhan pijatan akan itu memudahkan orangtua menjalin ikatan dengan anak. Sebelum memijat si kecil, pastikan ruangan bersuhu hangat agar ia lebih tenang dan nyaman, tidak menjadi rewel. Lalu siapkan alas bayi seperti perlak, minyak untuk memijat seperti baby oil atau minyak zaitun, pakaian bersih, dan cucui tangan sebelum memijat.

Setelah semua disiapkna, mulailah memijat bayi dengan cara berikut, melansir berbagi sumber.

Wajah

Lipat tangan (seolah-olah sedang berdoa) di dahi bayi, lalu dorong perlahan ke luar dari tengah. Selanjutnya, gunakan ibu jari untuk menggambar senyum di wajah bayi dengan mengusap dari satu pipi, melintasi bibir atas ke pipi lainnya. Ulangi di bibir bawah. Tak perlu menggunakan minyak

Kepala

Mulailah dengan tangan di kedua sisi kepala bayi, lalu gerakkan tangan ke kedua sisi tubuhnya, dari kepala hingga jari kakinya. Selanjutnya, gambar lingkaran kecil di kepala bayi dengan ujung jari.

Tungkai dan kaki

Mulailah memberi pijatan dari tungkai, yaitu pangkal paha hingga ke bawah. Tuang sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosok-gosok. Setelah itu mulai pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis.

Kemudian memijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari saat memijat area ini, lakukan gerakan memutar untuk memijat.

Terakhir, memijat jari-jemarinya. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.

Lengan

Mulai pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangan. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali.

Lalu pijat telapak tangan memakai ibu jari. Akhiri sesi ini dengan memijat lembut jari-jemarinya.

Dada

Letakkan kedua tangan di atas dada si Kecil. Lalu pijat lembut ke arah luar dengan menekan lembut dadanya menggunakan telapak tangan. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Kemudian, letakkan satu tangan di bagian atas dadanya, lalu pijat lembut ke arah paha.

Perut

Dengan ujung jarimu, gambar oval di bawah pusar bayi. (Gerakkan searah jarum jam, untuk mengikuti jalur alami pencernaan.) Selanjutnya, ujung jaridari satu sisi perut bayi ke sisi lainnya, secara diagonal, seolah-olah sedang membuat “X”.

Punggung

Posisikan Si Kecil dalam keadaan tengkurap, kemudian pijat area tulang belakang, dari leher hingga bokong, memakai ujung jari. Akhiri pijat bayi ini dengan pijatan panjang dari bahu hingga kakinya.

Setelah selesai, bisa memakaikan popok dan baju, serta memeluknya.

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Digital Village & Library Membantu Anak-Anak Rentan dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Covid-19
Artikel Selanjutnya
Jangan Dipaksa, Inilah Cara untuk Membantu Anak yang Sedang Belajar Puasa