Sukses

Parenting

5 Alasan Penting Mengapa Anak Perlu Menghabiskan Waktu Lebih Banyak Bersama Kakek dan Nenek

Fimela.com, Jakarta Di zaman sekarang ini, anak-anak sering diberikan video game dan tablet untuk dimainkan sejak dini. Ini biasanya karena kedua orang tua bekerja dan tidak punya cukup waktu untuk dihabiskan bersama anak. Mom tidak bisa benar-benar menyalahkan orangtua, tetapi pengenalan teknologi ini juga memanjakan anak-anak, yang tidak baik ketika mereka tumbuh dewasa. Jika Mom adalah orang tua yang bekerja dan merasa sulit untuk menangani pekerjaan dan anak, lalu bagaimana jika meminta bantuan orang tua? Ya, orangtua dari Mom dapat membantu dalam hal mengasuh anak dan merekalah yang dapat dipercayai.

Kakek dan nenek tidak hanya mengasuh anak-anak, tetapi juga membuat anak lebih kuat dan mandiri. Dan bukan hanya kita, bahkan sains pun memikirkan hal yang sama. Simaklah untuk mengetahui alasan mengapa anak-anak harus lebih sering menghabiskan waktu dengan kakek dan nenek mereka dan mengapa itu penting untuk perkembangan mereka secara keseluruhan.

Anak Lebih Tangguh

Ketika anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu dengan kakek dan nenek mereka, mereka menjadi pandai menangani berbagai jenis masalah emosional dan perilaku. Cerita yang mereka dengar dari kakek dan nenek membuat mereka kuat, dan mereka juga mampu menghadapi segala jenis trauma.

Belajar Tentang Hidup

Ketika anak-anak tinggal bersama kakek dan neneknya, mereka menyadari bahwa menjadi tua adalah bagian dari siklus hidup dan tidak ada yang menakutkan tentang hal itu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang berbagi hubungan yang penuh kasih dan membantu dengan kakek dan nenek mereka cenderung tidak sopan atau seusia.

Waktu yang Berkualitas

Menghabiskan waktu bersama kakek dan nenek tidak hanya bagus untuk anak-anak, tetapi juga baik untuk kakek dan nenek. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kakek-nenek yang merawat anak-anak hidup lebih lama dan cenderung tidak menderita masalah kesepian dan kecemasan.

Anak Tidak Terlalu Tertekan

Ketika anak-anak terikat dengan kakek-nenek mereka, sistem emosi mereka ada, dan mereka mengembangkan persahabatan dengan kakek dan nenek mereka yang membantu mereka mengurangi risiko gangguan mental pada usia dini. Kakek dan nenek tidak hanya memberi mereka nasihat hidup tetapi juga berbagi beberapa cerita hebat dengan mereka.

Menjadi Lebih Stabil

Ketika anak-anak tumbuh, lingkungan di sekitar mereka selalu berubah, dan pada saat-saat seperti itu, mereka perlu memiliki semacam kestabilan. Saat kedua orang tua bekerja, akan sulit bagi anak-anak untuk terikat dengan mereka, dan saat inilah kakek dan nenek membantu mengisi kekosongan. Dan ini memberi mereka lebih banyak stabilitas.

Nah, jikan para orangtua sama-sama sibuk alangkah baiknya untuk menitipkan anak kepada kakek dan nenek di rumah. Ini akan memberikan manfaat bagi mental anak ya lho, Mom!

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Tips Mengajarkan Perawatan Diri pada Anak Sejak Dini yang Bisa Menurunkan Masalah Kesehatan Mental