Sukses

Parenting

Ketahui Penyebab Sulitnya Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan akan memberikan beberapa kondisi yang berbeda bagi setiap perempuan. Sebagian dari mereka mungkin lebih merasa suka dengan kegiatan yang aktif, sementara yang lainnya merasa mudah lelah sepanjang hari. Bahkan sebagian dari mereka mungkin merasa cemas dan merasakan sulit tidur. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui mengapa sebagian dari perempuan hamil mengalami sulit tidur.

Penyebab Lelah saat Hamil

Selama trimester pertama dan ketiga kehamilan, wajar jika merasa lebih lelah dari biasanya. Volume darah dan kadar progesteron meningkat selama trimester pertama. Mom bisa merasa mengantuk akibat ini. Mengandung janin dan kecemasan mental akan persalinan yang akan datang akan membuat Mom ingin menghabiskan lebih banyak waktu di tempat tidur pada trimester ketiga.

Mom mungkin tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup selain perubahan hormonal dan fisiologis ini. Malam gelisah dapat disebabkan oleh ketidaknyamanan terkait kehamilan, serta peningkatan stres dan tingkat kecemasan. Ini bisa membuatmu merasa lelah sepanjang hari dan ingin tidur.

Beberapa perempuan mungkin juga mengalami sleep apnea dan jika pernapasan terbatas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Karena tekanan pada kandung kemih, wanita harus sering buang air kecil sehingga disarankan untuk mengurangi asupan air menjelang waktu tidur.

Yang Perlu Dilakukan Supaya Lebih Banyak Istirahat

Jangan putus asa jika Mom mengalami kesulitan tidur nyenyak selama kehamilan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengubah kebiasaan tidur seperti berikut ini.

Manfaatkan Bantal Kehamilan

Bantal kehamilan akan membuat Mom merasa tertopang dan aman saat tidur jika biasanya tidur telentang atau tidak bisa mendapatkan posisi yang dirasa benar. Mengonsumsi susu hangat, makan 3 jam sebelum tidur dan menghindari layar laptop, tv, dan seluler, membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan juga membantu.

Perbaiki Masalah yang Mendasarinya

Apakah Mom khawatir atau stres tentang melahirkan? Apakah ada hal lain di pikiran yang membuat terjaga di malam hari? Mengatasi masalah yang membuat pikiran terus berpacu akan membantu tidur lebih nyenyak. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas di malam hari selama kehamilan

Olahraga Teratur

Tidur yang lebih nyenyak adalah salah satu kemungkinan keuntungan dari olahraga. Olahraga harian juga akan memberi lebih banyak energi untuk menjalani hari dan membantu tubuh Ada tetap sehat untuk pekerjaan yang akan dilakukan saat melahirkan si kecil.

Pijat

Sentuhan bisa sangat menenangkan dan merangsang tidur. Ini juga dapat membantumu merasa lebih baik dan mengurangi beberapa rasa sakit dan nyeri yang menyertai kehamilan.

Nah, berikut tadi adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang sulit tidur saat masa kehamilan. Jika perlu Sahabat Fimela bisa konsultasikan dengan dokter kandungan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading