Sukses

Parenting

Anak Makan Lama, 4 Cara Ini Bisa Mengatasi Kebiasaan Buruk Ini

Fimela.com, Jakarta Orangtua akan sangat gemas pada anak jika ia harus menunggu anak makan lama di meja makan. Kebanyakan orangtua yang tidak sabaran akan langsung menyuapi anak agar mempercepat makan anaknya. Anak yang makan lama akan sangat membuat stres dan membuat frustasi orang tua. Makan malam tidak hanya memakan waktu lama, tetapi orangtua juga diliputi rasa bersalah karena anak tidak mendapatkan makanan bergizi saat dia makan. Sebelum mengenal tahapan atau cara mengatasinya, coba pahami ciri-ciri anak yang makan dengan lambat.

Orangtua mungkin berurusan dengan anak makan lama jika anak bermain dengan makanannya. Dia terus-menerus mendorongnya ke belakang dan ke depan di piringnya. Anak membutuhkan waktu 30-60 menit untuk menyelesaikan makanannya. Dia meninggalkan sebagian besar makanan tak tersentuh di piringnya dan menahan makanan di mulutnya (mengemut makanan) untuk waktu yang lama. Dilansir dari noguiltmom.com, ini adalah cara untuk mengurangi kebiasaan buruk pada anak.

Kenali Penyebab Kebiasaan Buruk pada Anak

Saat anak makan lama sebagai orangtua yang baik coba perhatikan cara makan anak. Mungkin beberapa orangtua berdalih dan berkata bahwa setiap hari mereka mengawasi anaknya saat makan. Beberapa alasan anak makan lama karena mereka makan sambil berjalan-jalan dan bermain gadget. Penyebab lainnya adalah karena anak makan sambil berbicara.

Diskusikan Permasalahan pada Anak

Jangan buru-buru memarahi anak saat anak makan lama coba diskusikan dahulu permasalahan yang anak temui saat makan. Orangtua bisa menasehati dan memberikan solusi pada anak cara makan yang baik. Ellyn Satter, penulis Division of Responsibility in Feeding, standar emas untuk membesarkan pemakan sehat), merekomendasikan untuk berfokus pada "bagaimana" daripada "apa" dari makan.Makan adalah waktu bersosialisasi dan berhubungan kembali dengan orang-orang bukan hanya melahap makanan.

Contohkan pola makan sehat & atur rutinitas

Terkadang anak yang makan lama beralasan sudah kenyang karena telah memakan cemilan sebelum makan. Oleh sebab itu, ia makan dengan waktu yang sangat lama karena tidak berselera. Sebagai orangtua yang baik kita harus bisa memastikan pola makan dan jadwal makan yang tepat untuk anak. Mulailah dengan kebiasaan pola makan sehat dan atur rutinitas.

Jangan Ganti Makanannya

Jangan ganti makanannyaKebanyakan orangtua berspekulasi anaknya bosan dengan jenis makanan tertentu kalau mereka makan dengan waktu yang lama atau bahkan berspekulasi makanan yang dimasak tidak enak. Jangan langsung mengganti makanan, kenali dahulu penyebabnya. Ingat, jangan memanjakan anak dan tidak semua kemauan anak harus dituruti. Hal ini penting untuk menjalin komunikasi dan membangun hubungan anak dan orangtua.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

#elevate women

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membangun Pola Makan dan Tidur Anak secara Teratur Agar Tumbuh Optimal