Sukses

Parenting

7 Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Fimela.com, Jakarta Kondisi anak tidak mau makan kerap membingungkan orangtua. Untuk mengatasinya, orangtua kerap membujuknya dengan makanan favorit hingga memarahinya. Namun, tidak semua cara tersebut bisa mengatasi anak tidak mau makan.

Ketika sudah tidak tahu lagi bagaimana cara mengatasi anak tidak mau makan, orangtua harus memastikan faktor dan penyebabnya. Dilansir dari Boldsky, ada beberapa penyebab yang membuat anak tidak mau makan.

1. Rasa sensitif

Sebagian anak terlahir dengan lebih banyak rasa pada permukaan lidahnya. Hal in menyebabkan anak jadi sangat peka terhadap rasa dan anak tidak mau makan makanan yang rasanya tidak enak.

2. Bergantung dengan gadget

Kebiasaan anak yang makan sambil memegang gadget bisa menjadi boomerang bagi orang tua. Adakalnya anak jadi lebih bisa diatur untuk disuapi namun di sisi lain gadget bisa merusak selera makan dan konsentrasi makannya akan terpecah.

 

3. Banyaknya pilihan

Terkadang orangtua bersedia menyediakan makanan banyak dan merogoh kocak lebih dalam untuk membeli makanna yang bervariasi. Semakin banyak pilihan makanan yang dihadapkan pada anak, ia akan menjadi semakin bingung.

4. Baru sembuh dari sakit

Ketika anak baru sembuh dari sakit biasanya ia menganggap setiap makanan yang rasanya hambar. Sehingga penting bagi orangtua untuk bersabar hingga sang anak sembuh total dan anak bisa menikmati makanan secara normal.

5. Alergi makanan tertentu

Alergi secara makanan konsisten pada makanan tentu membuat anak menolak makanan tersebut. Cobalah cari solusi menu lain yang tidak memicu alergi pada anak.

6. Terpengaruh lingkungan di rumah

Tidak semua selera makan orangtua bisa selaras dengan keinginan anak. Ketika ada makanan yang memiliki pedas atau asam berlebih, lebih baik buatlah terpisah untuk anak. Bisa jadi alasan anak tidak mau makan adalah ia tidak suka melihat makanan yang memiliki rasa mencolok.

7. BAB tidak teratur

Perhatikan kondisi pencernaan anak setiap hari. Bisa jadi alasan anak tidak mau makan adalah pencernaannya yang kurang lancar. Ketika anak susah BAB atau tidak teratur tentu akan menganggu pola makannya. Jika menghadapi kondisi ini orangtua wajib berkonsultasi dengan dokter.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Anak Susah Makan Nasi? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Khawatir Anak Masih Pilih-pilih Makanan? Lakukan 4 Tips Ini untuk Mengatasinya