Sukses

Parenting

7 Tips Kreatif Mengajarkan Anak Berpuasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan yang penuh berkah ini, mungkin sangat ditunggu-tunggu bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Tentu, kita akan merindukan segala sesuatu yang berkaitan dengan Ramadan. Tentu ini adalah bulan yang ditunggu anak-anak, mereka mungkin tidak sabar untuk ikut menjalankan ibadah puasa.

Ketika orangtua siap untuk mengajarkan anak berpuasa, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang terpenting jangan memaksa anak untuk melakukannya jika usianya belum cukup untuk melakukan puasa. Jika anak tertarik berpuasa atau sudah mencapai usia yang disyaratkan untuk berpuasa, berikut adalah beberapa cara untuk membantu mereka dalam menjalankan ibadah puasa yang menyenangkan.

1. Latihan

Latihan membuat sempurna seperti yang kita ketahui dan cara terbaik bagi anak-anak untuk melakukan apapun, terutama puasa, adalah dengan berlatih. Banyak cara yang bisa mereka coba, entah itu dengan bangun pagi untuk memulai kebiasaan. Mereka bisa melewatkan sarapan sama sekali dan menunggu makan siang. Mom dapat meminta mereka mencoba setengah puasa, anak ] dapat bangun untuk sahur dan berpuasa selama mereka merasa nyaman.

2. Tetapkan Tujuan

Jika anak ingin berpuasa, minta mereka untuk menentukan berapa kali mereka ingin mencoba. Ini memberi anak-anak rasa tujuan dan sesuatu untuk dikerjakan.

3. Tawarkan Hadiah

Cara hebat lainnya untuk mendorong puasa adalah dengan menawarkan hadiah untuk setiap puasa diselesaikan. Mom bisa memberi mereka hadiah kecil. Ketika anak telah menyelesaikan puasa, berikan hadiah yang menarik untuknya.

4. Ajak Anak untuk Menyiapkan Makan

Libatkan anak-anak dalam segala hal yang berkaitan dengan puasa, baik itu menyiapkan makan di meja untuk sahur atau buka puasa atau juga mengeluarkan kurma dan membagikannya kepada semua orang. Melibatkan mereka akan menumbuhkan pemahaman yang lebih baik dan membiarkan mereka menyesuaikan diri dengan ritme puasa dengan jauh lebih mudah.

5. Biarkan Mereka Berbuka Puasa Sesuka Mereka

Sekalipun anak tidak berpuasa, ajaklah mereka berbuka puasa bersama dengan kurma sebelum makan malam, ini akan membantu mereka memahami sunnah puasa. Mom juga bisa mulai mengajari mereka doa berbuka puasa.

6. Mendidik Anak

Benamkan mereka dalam segala hal Ramadan dan puasa. Baca buku tentang Ramahan, baca tentang puasa, baca hadits yang berhubungan dengan puasa, jelaskan pahala, beri tahu mereka semua yang diperlukan.

7. Jadilah Panutan yang Baik

Tidak perlu membahas terlalu banyak detail di sini tentang Ramadan. Tapi teladan yang baik tidak ternilai harganya. Anak-anak selalu ingin meniru orangtuanya, anak-anak memandang orangtua mereka dan ingin dapat melakukan apa yang Mom lakukan. Pastikan anak-anak melihat semua yang Mom lakukan, bersikap ekstra baik kepada mereka dan tunjukkan keindahan Ramadan melalui kata-kata dan tindakan.

Puasa, seperti yang lainnya, akan membutuhkan latihan dan waktu untuk melakukannya dengan benar. Jangan kesal jika mereka terkadang tidak bisa mengaturnya. Marah atau kesal dapat menciptakan perasaan negatif tentang puasa dan itu hal terakhir yang Mom inginkan. Puji mereka bahkan karena telah mencoba.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mengolah Sisa Makanan Lebaran jadi Masakan Lezat
Artikel Selanjutnya
Resep Praktis Lontong Sayur Buncis