Sukses

Parenting

8 Perubahan pada Tubuh dalam Trimester Kedua Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Dalam tiga bulan pertama kehamilan atau trimester pertama kehamilan, tubuh ibu mengalami sejumlah perubahan yang tak biasa. Mulai dari mual hingga pusing atau sempoyongan kerap dialami ibu yang hamil muda. Lalu, ketika menginjak ke trimester kedua atau tiga bulan kedua kehamilan, tubuh akan mulai beradaptasi dengan kehamilan.

Mual dan muntah yang kerap dialami di trimester pertama bisa berkurang di trimester kedua kehamilan. Mengutip buku Prenatal Gentle Birth, di trimester kedua ini perut belum terlalu besar sehingga masih nyaman untuk beraktivitas. Hanya saja yang perlu diwaspadai adalah kenaikan berat badan yang berlebih. Kenapa? Sebab pada dasarnya di minggu ke-26 kehamilan, titik berat tubuh bergeser: tulang belakang condong ke belakang, sementara tulang pinggang condong ke depan. Selain itu, secara umum ada delapan perubahan yang terjadi di trimester kedua kehamilan. Berikut uraian singkatnya.

Perubahan di Trimester Kedua Kehamilan

1. Mual dan muntah mulai berkurang. Dibandingkan trimester pertama, di trimester kedua ini intensitas mual dan muntah bisa lebih sedikit atau berkurang.

2. Muncul garis hitam dari pusar hingga ke tulang pubis. Kondisi perut semakin membesar. Serta, bagian areola di sekitar puting membesar.

3. Kaki, pergelangan kaki, dan tangan kadang mengalami edema.

4. Kulit tubuh mengalami perubahan. Mulai dari munculnya stretch mark, muncul flek kecokelatan di wajah, perubahan warna areola yang semakin gelap, dan adanya linea gravidarum.

5. Rasa sakit di pinggang dan punggung yang makin sering terasa. 

6. Gerakan dan tendangan janin mulai terasa.

7. Kontraksi palsu atau braxton hicks akan mulai terasa di akhir trimester kedua.

8. Nyeri ligamen akan mulai terasa di sekitar panggul. Hal ini terjadi karena kondisi rahim yang semakin membesar.

Seperti yang disebtukan sebelumnya, di trimester kedua ini, ibu hamil rentan mengalami kenaikan berat badan berlebih. Kalau berat badan berlebih, tulang akan mendapat beban ekstra untuk menyangga tubuh dan hal ini jelas akan mengganggu kenyamanan. Untuk itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk melakukan olahraga seperti prenatal gentle yoga untuk menguatkan dan menyeimbangkan tulang belakang.

Memahami perubahan yang terjadi di tiap trimester kehamilan diharapkan dapat membuat kita lebih nyaman dalam menjaalani kehamilan dan mengantisipasi berbagai keluhan atau gejala yang ada. Kalau mengalami keluhan yang tak biasa, segera hubungi dokter atau bidan untuk mendapat penanganan yang lebih lanjut, ya.

#ElevateWomen

PLAYLIST VIDEO 21 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Manfaat Prenatal Gentle Yoga untuk Kondisi Mental Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
5 Makanan yang Dapat Mengurangi Mual Saat Hamil