Sukses

Parenting

4 Manfaat Prenatal Gentle Yoga untuk Kondisi Mental Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Kehamilan menghadirkan pengalaman yang istimewa. Ada kebahagiaan tapi tak jarang juga diwarnai kecemasan. Ada kecemasan dan rasa was-was yang kadang menghampiri terkait proses kehamilan, termasuk rasa takut menghadapi persalinan. Hal ini pun bisa membuat ibu hamil mengalami stres.

Salah satu cara untuk bantu mengurangi stres adalah dengan latihan yoga. Ada latihan yoga yang disebut prenatal gentle yoga. Ini merupakan salah satu bentuk olahraga yang dirancang secara khusus oleh Yesie Aprillia  bagi ibu hamil. Saat ibu hamil melatih tubuh dan napas dengan prenatal gentle yoga, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh, termasuk manfaat untuk kondisi mental.

Mengutip buku Prenatal Gentle Yoga: Kunci Melahirkan dengan Lancar, Aman, Nyaman, dan Minim Trauma, ada empat manfaat prenatal gentle yoga secara mental. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Menenangkan dan Memfokuskan Pikiran

Ibu hamil kadang dilanda kecemasan dan ketakutan. Mulai dari kecemasan soal perubahan yang terjadi di tiap trimester kehamilan hingga ketakutan soal proses persalinan. Dengan melakukan prenatal gentle yoga yang baik, benar, dan rutin, ibu hamil bisa lebih tenang dan fokus dalam kehamilannya.

2. Menghemat Energi dan Menjaga Kenyamanan Selama Bersalin

Persalinan bisa sangat menguras tenaga. Bahkan untuk mengatur pernapasan pun bisa sangat sulit. Dalam prenatal gentle yoga, ada latihan pernapasan yang sangat membantu ibu hamil mampu beristirahat sejenak pada saat jeda antara dua kontraksi untuk mengumpulkan energi. Latihan akan sangat menunjang untuk membuat ibu hamil lebih nyaman saat bersalin.

3. Membuat Ibu Hamil Merasa Nyaman dan Rileks

Sepanjang kehamilan dan saat melahirkan, ibu hamil bisa lebih rileks dan nyaman ketika rutin mengikuti latihan prenatal gentle yoga. Latihan yoga ini bisa membantu menjaga otot-otot tubuh tetap rileks saat melahirkan.

4. Mengurangi Stres

Khususnya bagi para perempuan yang baru pertama kali hamil, biasanya akan dilanda stres selama kehamilan. Ada rasa cemas, was-was, dan takut yang membayangi. Latihan prenatal gentle yoga bisa membantu ibu hamil untuk melepaskan kecemasan, keraguan, kekhawatiran, dan emosi negatif lainnya. 

Selain memberi manfaat secara mental, prenatal gentle yoga juga bisa memberi manfaat secara spiritual. Latihan yoga ini bisa meningkatkan ikatan batin dengan janin dalam kandungan serta bisa meningkatkan kemampuan untuk merasa bahagia.

Bagi yang saat ini sedang hamil dan tak sabar menantikan kelahiran dan kehadiran sang buah hati, semoga semua prosesnya dilancarkan, ya. Tetap lakukan yang terbaik untuk menjaga kondisi diri dan bayi di dalam kandungan dengan sebaik mungkin.

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Keguguran yang Paling Umum, Mulai dari Riwayat Kesehatan hingga Gaya Hidup
Artikel Selanjutnya
5 Hal Penting yang Perlu Dihindari saat Hamil