Sukses

Parenting

6 Bahayanya Pemberian MPASI pada Bayi yang Belum Genap Berusia 4 Bulan

Fimela.com, Jakarta Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) bisa dimulai ketika bayi berusia empat bulan. Jika bayi sudah menunjukkan tanda siap makan pada usia empat bulan, maka pemberian MPASI bisa dilakukan. Yang berbahaya adalah bila pemberian MPASI diberikan saat bayi belum genap berusia empat bulan.

Mengutip buku Mommyclopedia: 567 Fakta tentang MPASI, pemberian MPASI sebelum bayi berusia empat bulan disebut dengan MPASI dini. Pemberian MPASI dini ini bisa membahayakan bayi. Ada risiko berbahaya yang mengintai bila MPASI diberikan terlalu dini.

Pemberian MPASI Dini

1. Sistem pencernaan bayi masih belum siap sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit saluran pencernaan.

2. Bayi yang berusia di bawah usia empat bulan masih belum membutuhkan makanan lain selain ASI. Kalau MPASI diberikan terlalu dini, maka hal ini bisa memengaruhi konsumsi ASI si kecil. Konsumsi ASI akan berkurang, akibatnya kebutuhan nutrisinya menjadi tidak terpenuhi.

3. Bayi belum siap makan dan belum mampu makan, sehingga makanan yang diberikan umumnya masih sangat encer. Bila hal ini dilakukan, makanan yang diberikan tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

4. Risiko bayi terkena infeksi meningkat. Saat bayi diberi MPASi dan mendapat ASI yang lebih sedikit, bayi tidak bisa mendapatkan cukup zat-zat dari ASI yang bersifat melindungi bayi dari risiko infeksi. 

5. Risiko bayi terkena alergi juga meningkat.

6. Bayi juga makin berisiko tinggi mengalami obesitas.

Bila merasa ragu-ragu soal pemberian MPASI pada si kecil, ada baiknya berkonsultasi ke dokter anak terlebih dahulu. Semoga info ini bisa jadi salah satu info yang bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian, ya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading