Sukses

Parenting

Studi Membuktikan, Sering Ajak Bayi Bicara Stimulasi Perkembangan Bahasanya

Fimela.com, Jakarta Anak bayi butuh banyak stimulasi untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya yang sehat. Salah satu hal paling penting yang perlu menjadi perhatian setiap orangtua adalah perkembangan bahasanya.

Secara alami anak akan bisa mulai bicara sendiri di usia tertentu, namun ada cara lain untuk membantu mempercepat perkembangan memahami bahasa dan belajar bicara pada anak, yaitu dengan sering mengajaknya bicara.

Dilansir dari Healthline, penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Neuroscience atau JNeurosci menemukan bahwa sering mengajak bicara anak saat ia masih bayi mampu membantu mengembangkan bahasa dan keterampilan pemahaman anak sejak dini, terlepas dari faktor sosial dan ekonomi keluarga.

Mengajak bicara anak stimulasi kemampuannya dalam berbahasa

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology, University of Pennsylvania, dan Harvard ini melibatkan 40 anak-anak dengan rentang usia 4-6 tahun dengan orangtua dari berbagai latar belakang sosial, kondisi finansial serta pendidikan.

Peneliti menganalisis hasil rekaman interaksi dan percakapan yang dilakukan orangtua terhadap anak selama dua hari, kemudian peneliti melihat aktivitas otak anak melalui MRI. Hasilnya, studi menemukan bahwa anak-anak yang melakukan banyak percakapan dengan orangtua memiliki koneksi batin lebih kuat di area otak bernma Wernicke dan Broca, yaitu area otak yang menangani pemahaman dan produksi ucapan.

Otak anak secara alami akan diajak lebih aktif merespon bahasa dan terdorong untuk bisa lebih cepat bicara dimulai dari meniru suara dan mukai memahami kata-kata yang didengarnya.

Jadi, sudah semestinya jika orangtua perlu lebih sering mengajak bicara anak meski ia belum bisa bicara ya Moms, karena ternyata berkomunikasi dengan anak sejak kecil justru membuatnya mampu memahami bahasa dan belajar bicara lebih cepat daripada anak-anak lainnya.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Memilih Mainan Anak sesuai Usianya, Edukatif dan Tetap Menghibur
Artikel Selanjutnya
Mengusung Konsep Live Teaching untuk Sekolah Daring yang Interaktif