Sukses

Parenting

3 Cara Merangsang Pertumbuhan Gigi pada Bayi dan Anak

Fimela.com, Jakarta Saat bayi dilahirkan, mereka sudah memiliki sebagian besar gigi di bawah gusinya. Gigi pertama biasanya mulai tumbuh pada usia enam bulan dan dapat bervariasi dari satu bayi ke bayi yang lainnya. 

Dua gigi pertama yang tumbuh biasanya di tengah bawah, diikuti oleh empat di tengah atas. Sebagian besar anak memiliki satu set lengkap 20 gigi susu pada saat mereka berusia 3 tahun.

 

Keterlambatan tumbuh gigi disebabkan oleh banyak faktor, jika tidak memiliki gigi di usia 18 bulan, mereka harus dibawa ke dokter gigi untuk dievaluasi. Di antaranya tertundanya tumbuh gigi ada faktor keturunan dari keluarga atau masalah kesehatan lainnya seperti malnutrisi dan kekurangan vitamin atau mineral terutama kalsium dan vitamin D.

Melansir dari berbagai sumber, kita bisa membantu merangsang pertumbuhan giginya dengan 3 cara berikut;

 

Mengonsumsi makanan bertekstur kasar

Memasuki masa MPASI, kita disarankan untuk memberikan beragam varian jenis makanan. Selain makanan bertekstur lembut, kita juga bisa memberikan makanan yang teksturnya lebih padat yang diolah agar mudah dimakan oleh bayi dan anak. Di antaranya brokoli, pepaya, wortel, pisang, dan melon.

 

Membersihkan gusi

Selain memberikan makanan utama dan snack, kita juga bisa menggosok lembut gusinya satu kali sehari untuk merangsang pertumbuhan gigi. Bayi yang belum tumbuh gigi juga perlu dibersihkan gusi dan lidahnya dengan kain kasa yang dibahasi air hangat.

 

Memberikan teether

 

Mainan gigitan bayi yang aman sudah bisa diberikan sejak usianya satu bulan. Dan seiring bertambah usia, mereka menjadi terbiasa menggigit teether yang bisa merangsang pertumbuhan giginya. Pilih teether sesuai usia dan mudah dipegang bayi dan anak, ya!

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading