Sukses

Parenting

Tips Mengatasi Rewel saat Tumbuh Gigi pada Bayi

Fimela.com, Jakarta Proses tumbuhnya gigi pada bayi adalah proses yang normal dialami setiap bayi. Gigi mulai tumbuh ketika anak memasuki usia 6 bulan. Biasanya yang pertama kali muncul adalah gigi bawah.

Tanda-tanda bahwa si kecil akan tumbuh gigi yaitu dengan seringnya meneteskan air liur, sering mengunyah benda padat, menurunnya nafsu makan, dan yang paling umum adalah rewel. Jika kekurangan nafsu makan, maka si kecil akan kekurangan asupan nutrisi, terlebih jika mengalami rewel. Berikut ini berapa tips untuk mengatasi rewel saat tumbuh gigi pada bayi.

Berikan Finger Food

Saat akan munculnya gigi pasti gusi akan terasa gatal yang membuat bayi menjadi rewel bahkan kehilangan nafsu makan. Daripada membiarkan si kecil menggigit-gigit benda yang belum tentu bersih, ada baiknya untuk memberikan camilan sehat untuknya. Berikan finger food yang sehat. Berikan potongan wortel atau brokoli yang sudah dikukus, potong-potong sesuai dengan genggaman si kecil.

Usap Gusi Bayi

Si kecil yang rewel seharian dan tidak memiliki nafsu makan, mungkin akan membuat sebagian orangtua merasa bingung. Untuk menenangkan bayi yang rewel akibat akan tumbuh gigi, kamu dapat menggendong atau menidurkannya sambil mengusap gusi pada si kecil. Pastikan tanganmu bersih dan steril. Atau dapat juga menggunakan kain bersih dan usap gusinya dengan perlahan.

Berikan Teether Rings

Ketika anak memasuki usia 4-6 bulan ia akan lebih sering memasukkan benda-beda ke mulut dan menggigitnya. Hal ini disebabkan si kecil merasakan gatal pada gusinya. Berikan si kecil mainan gigi atau sering disebut teether rings. Teether yang berbentuk lingkaran dapat dengan mudah dipegang oleh si kecil. Pilih produk teether yang memiliki label aman untuk si kecil. Selalu perhatikan kebersihan teether.

Berikan Minuman Dingin

Ketika si kecil rewel karena akan tumbuh gigi, baiknya Mom memberikan si kecil minuman dingin bebas gula. Usahakan jangan memberikan minuman yang terlalu dingin sehingga dapat mengganggu kesehatan si kecil. Minuman dingin dapat meringankan rasa gatal pada gusi akibat tumbuhnya gigi.

Oleskan Obat

Jika si kecil mengalami nyeri yang parah, ada baiknya Mom memeriksakan si kecil ke dokter spesialis anak. Jika memang dokter menyarankan untuk memberikan obat, berikan obat sesuai dengan anjuran dokter.

Jangan terlalu khawatir ya Mom, sebab gejala tumbuh gigi pada banyi hanya bersifat sementara. Jika si kecil sering memasukkan benda ke dalam mulutnya, ada baiknya Mom memperhatikan kebersihan benda-benda tersebut.

#Changemaker

Loading