Sukses

Parenting

5 Tips Mendidik Anak Agar Disiplin dan Tidak Manja

Fimela.com, Jakarta Mendidik anak seharusnya dilakuan sejak dini bagi para orangtua, terlebih mendidik kemandirian. Dengan menanamkan kemandirian akan membentuk kebiasaan dan karakter anak di masa depan. Untuk menghindari anak menjadi manja, Mom bisa melatihnya dengan membuat kebiasaan sederhana.

Nah, berikut ini adalah 5 tips yang dapat membantu Mom membuat kebiasaan baik agar anak tidak manja dan lebih mandiri.

1. Melatih Anak Agar Disiplin

Salah satu hal terpenting bagi orangtua untuk menanamkan sopan santun dan mengajarkan anak pentingnya disiplin. Anak-anak diajarkan bagaimana berperilaku dengan cara yang baik dan melatih kesabaran dengan beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Jangan Membelikan Barang Untuk Meredakan Perilaku Buruk Mereka

Membelikan permen atau mainan untuk anak yang sedang marah atau ngambek mungkin masuk akal untuk menenangkannya saat itu juga. Akan tetapi, cara ini akan berdampak negatif dalam jangka panjang. Mereka bisa berpikir dengan berperilaku buruk, keinginan dan tuntutannya akan terpenuhi.

3. Mengajarkan Mereka Nilai Uang

Ketika anak-anak mengetahui tentang berapa harga suatu barang atau bagaimana memafaatkan uang dengan baik, ini akan membantu mereka agar tidak mengeluh atau merengek meminta apa yang mereka inginkan saat berbelanja. Dengan mengajarkan nilai uang dan konsep memanfaatkan uang, akan sangat bermanfaat bagi mereka saat tumbuh dewasa dan mulai mengelola keuangannya sendiri.

4. Pastikan Mereka Melakukan Pekerjaan Sendiri

Memberi anak-anak tugas yang sesuai dengan usia tidak hanya dapat membantu meringankan beberapa tugas Mom, tetapi, ini juga akan berlaku dalam rasa tanggung jawab di antara mereka. Jika dilakukan lebih awal maka akan lebih baik. Mungkin Mom perlu beberapa saat untuk mengajarkan tugas-tugas dasar. Namun, itu akan menjadi fondasi penting dan bermanfaat selama hidup mereka.

5. Jelaskan Kesalahan Mereka saat Ia Merasa Tenang

Respons saat marah tidak akan mengajarkan pelajaran, atau memperbaiki perilaku anak, malah bisa menjadi lebih buruk. Jelaskan kepada mereka dengan tenang tentang alasan Mom tidak menyukai perilaku mereka yang tidak baik. Menjelaskan dengan lembut bisa membuatnya memahami kesalahan yang dia lakukan.

Nah, itu tadi Mom cara untuk mengajarkan anak agar mandiri dan tidak manja. Meskipun banyak hal didapatkan dengan instan, tapi Mom harus ajarkan mereka kemandirian, karena ini cukup penting untuk masa depannya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading