Sukses

Parenting

10 Tips dari Ahli Membuat Bayi Tidur Pulas di Cuaca Panas

Fimela.com, Jakarta Saat suhu meningkat, membuat anak tentu merasa tidak nyaman apalagi ketika tidur. Si kecil akan berkeringat berlebihan yang membuatnya rewel, alhasil jam tidur pun akan berkurang.

Lalu bagaimana cara membuat bayi tidur pulas di cuaca yang panas?

Melansir Hellomagazine, Lucy Shrimpton, Pakar Parenting dan pendiri The Sleep Nanny® membagikan informasi tentang cara membantu bayi tidur nyaman. Apa saja? Mari kita simak

1. Mandi

Mandi menggunakan air hangat suam-suam kuku atau sedikit lebih dingin dari biasanya akan menyegarkan bayi sebelum tidur dan menghilangkan kelembabap  di siang hari yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal di malam hari.

2. Meningkatkan aliran udara di rumah

Pada siang hari, buka semua jendela di lantai yang sama untuk menciptakan angin alami yang membuat ruangan lebih sejuk. 

3. Gunakan seprai katun

Seprai katun adalah yang terbaik di cuaca panas.  Hindari penutup kasur tahan air karena menahan panas dan membuat bayi lebih banyak berkeringat.

4. Tutup tirai

Meskipun mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, menutup tirai di hari yang panas adalah cara terbaik untuk mencegah rumah memanas. 

5. Dapatkan termometer ruangan

Penting untuk mengetahui seberapa panas ruangan tempat bayi tidur. Ini akan menghilangkan dugaan dan memberi ketenangan pikiran bahwa telah mendandani bayi dengan perlengkapan yang tepat.

“Jika ruangan sangat panas, kenakan popok dan atasan katun tipis saja. Bisa juga pakai celana pendek dan set piyama t-shirt,” papar Laura.

Periksa suhu si kecil secara teratur sehingga tahu anak tidak kedinginan jika membiarkannya tidur hanya dengan popoknya.

6. Berinvestasi dalam kipas pendingin

Bayi umumnya menyukai suara ritmis yang lembut dari kipas angin – serta udara dingin yang dikeluarkannya. Bisa menggunakan kipas namun janhan langsung mengarah ke tubuhnya. Bisa juga menggunakan AC agar lebih praktis. 

Ide yang baik adalah meletakkan semangkuk besar es atau beberapa botol air beku di depannya untuk mendinginkan udara yang bersirkulasi di sekitar ruangan.  Pastikan saja udara yang sirkulasikan tidak terlalu dingin.

7. Jaga bayi setenang mungkin

Bayi yang mudah rewel lebih cenderung menjadi panas dan lembab, jadi cobalah untuk menjaga bayi setenang dan sesantai mungkin. Ciptakan rutinitas waktu tidur yang menenangkan, sama seperti waktu malam lainnya.

Jika merasa si kecil kesal karena panas, kain flanel dingin atau kompres dingin yang dioleskan dengan lembut pada bayi dapat membantu mendinginkan dan menenangkannya.

8. Jaga agar bayi tetap terhidrasi

Bayi mungkin perlu minum lebih banyak dari biasanya, jadi pastikan memiliki persediaan air. Bayi yang disusui akan tetap terhidrasi dengan ASI jadi pastikan ibu juga tetap terhidrasi.

9. Pertimbangkan untuk pindah kamar

Jika ruangan tempat bayi tidur berada di bagian rumah yang sangat panas, pertimbangkan untuk memindahkannya ke ruangan yang lebih dingin untuk membantunya tidur.

10. Periksa suhunya

Cara terbaik untuk memeriksa suhu bayi adalah dengan meraba bagian belakang lehernya atau menggunakan termometer. Tangan dan kaki bayi memang cenderung menjadi lebih dingin, jadi ini jauh lebih akurat.

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading