Sukses

Parenting

4 Software Edukatif Bantu Anak TK Belajar Makin Menyenangkan Lewat Gadget

Fimela.com, Jakarta Saat ini, khususnya di masa serba teknologi, sudah menjadi pemandangan biasa ketika melihat anak-anak menggunakan gadget di rumah maupun di tempat umum. Selain itu, seiring berkembangnya teknologi, ditambah keadaan dunia yang masih dilanda pandemi, semua anak akhirnya tak bisa lepas dari gadget.

Hal ini cenderung membuat anak menjadi kecanduan gadget dan kerap kali dimanfaatkan anak untuk bermain game yang bisa di-install secara gratis.

Banyak pihak yang akhirnya memanfaatkan keadaan ini untuk menciptakan software atau beragam aplikasi edukatif untuk anak secara gratis. Kehadiran dari aplikasi-aplikasi ini juga mempermudah para orangtua untuk mengajari anak-anak mereka tentang banyak hal.

Hampir semua jenis bidang pembelajaran dapat ditemukan di gadget-mu. Mulai dari pembelajaran tentang bahasa, matematika, bahkan budaya. 

Fimela.com telah merangkum 4 aplikasi edukasi yang mencakup semua aspek pembelajaran untuk anak usia dini. Berikut ulasan selengkapnya.

YouTube Kids

Aplikasi yang pertama adalah YouTube Kids. Selain menjadi sarana hiburan, video-video di YouTube Kids juga bisa menjadi sarana edukasi. 

Berbeda dengan YouTube biasa, YouTube Kids menyajikan konten-konten yang dibuat secara khusus untuk anak. Sehingga, konten-konten yang tersedia di aplikasi ini bersifat ramah anak sekaligus edukatif. 

Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi untuk belajar bahasa asing. Jika kamu ingin anak menguasai bahasa-bahasa asing, kamu bisa mengunduh aplikasi ini dan mengajari anak untuk menggunakan aplikasi tersebut. 

Dengan aplikasi ini, belajar bahasa asing menjadi semakin seru dan menyenangkan. Banyak bahasa asing yang bisa dipelajari lewat Duolingo, mulai dari bahasa asing di wilayah Asia hingga wilayah Eropa, semua bahasa tersedia. 

Belajar bahasa asing memang sedikit rumit. Namun, jangan khawatir, karena proses pembelajaran bahasa di aplikasi ini tak sulit dan tidak dipenuhi berbagai teori bahasa yang membosankan, sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan anak-anak yang senang belajar sambil bermain. 

Quick Maths Jr.

Seperti namanya, aplikasi ini ditujukan untuk belajar matematika bagi anak usia dini. Melalui aplikasi Quick Math Jr., matematika tak akan terkesan menyeramkan dan membosankan bagi anak-anak karena dalam aplikasi ini belajar matematika akan jadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. 

Proses pembelajaran Quick Math Jr. dikemas dalam berbagai aktivitas yang menyenangkan dengan warna-warna cerah yang membuat anak bersemangat dalam mengikuti setiap pembelajarannya. 

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu meningkatkan berbagai kemampuan matematika anak dengan mudah karena metode yang diajarkan sangatlah sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak usia dini. 

Marbel - Lancar Belajar Membaca

Aplikasi yang terakhir adalah Marbel - Lancar Belajar Membaca. Jika anak belum bisa atau belum lancar membaca, kamu bisa menggunakan aplikasi Marbel belajar membaca. 

Aplikasi ini dirancang khusus bagi anak yang ingin belajar membaca karena dimulai dengan pembelajaran tentang pengenalan huruf abjad dari A sampai Z dengan mudah dan dengan cara yang menyenangkan. 

Selain itu, anak juga akan diajarkan berbagai tahapan membaca dengan tingkatan atau level yang semakin seru. Kata-kata yang diajarkan di aplikasi ini menggunakan bahasa Indonesia dan menggunakan kata-kata yang umum diucapkan sehari-hari. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Ketahui Penyebab iPhone Mati Total Beserta Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
5 Penyebab Baterai Ponsel Boros Akibat Penggunaan Beserta Cara Mengatasinya