Sukses

Parenting

Jaga Kesehatan Jantung Anak, Beri 5 Makanan Ini untuk si Kecil

Fimela.com, Jakarta Saat ini penyakit jantung tidak hanya mengancam orang dewasa saja, namun penyakit ini dapat menyerang sebagian besar lapisan masyarakat termasuk anak-anak. Jantung sendiri merupakan organ paling vital di dalam tubuh manusia dan bertugas menyuplai darah ke seluruh organ tubuh agar berfungsi dengan optimal.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan sejak dini. Hal tersebut bertujuan agar anak bisa tumbuh sehat dan memiliki masa depan yang baik. Cara menjaga kesehatan jantung tentu dimulai dari hidup sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan bergizi.

Lalu, apa saja makanan bergizi seimbang yang dapat dikonsumsi oleh anak untuk menjaga kesehatan jantung? Berikut 5 makanan sehat untuk si kecil yang Fimela rangkum dari Liputan6, Senin (11/10/2021).

1. Sayuran Hijau

Memang sulit untuk membujuk si kecil untuk mengonsumsi sayuran hijau. Cobalah mengkreasikan sayuran hijau dengan makanan lain yang disukai anak. Seperti yang diketahui, sayuran sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan seluruh tubuh.

Bahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale dan sawi terkenal tinggi kandungan vitamin, mineral dan antioksidan. Sementara, sayuran hijau merupakan sumber vitamin K yang baik dan dapat membantu melindungi pembuluh darah arteri serta meningkatkan pembekuan darah.

Tak hanya itu, sayuran tersebut tinggi akan nitrat yang terbukti dapat mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri serta meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

2. Ikan Berlemak: Salmon

Dengan memberikan ikan berlemak seperti salmon, makarel, sarden dan tuna yang kaya asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung anak. Pasalnya, kandungan tersebut juga dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan total kolesterol, trigliserida darah dan gula darah puasa.

Jika si kecil tidak suka makan ikan, asam lemak omega-3 masih bisa didapatkan dengan mengonsumsi minyak ikan.

3. Oatmeal

Oatmeal diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus mencegah pembuluh darah jantung tersumbat. Namun, tampilan oatmeal yang terlihat pucat dan tidak menarik bisa membuat anak menolak untuk mengonsumsinya.

Tak usah khawatir, untuk mengatasi hal tersebut cobalah campur bubur oatmeal dengan potongan buah yang memiliki warna cerah seperti beri, pisang, alpukat dan sebagainya. Dengan begitu, cita rasa akan meningkat dan oatmeal semakin kaya kandungan serat, asam lemak omega-3, asam folat dan kalium. Seluruh kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung pada anak.

4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, bluberi dan raspberry memiliki nutrisi yang berperan penting bagi kesehatan jantung. Kandungan antioksidan seperti anthocyanin membuat beri menjadi makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung anak.

Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi bluberi setiap hari dapat meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah. Sel tersebut yang akan membantu dalam mengatur tekanan dan pembekuan darah.

5. Alpukat

Selain buah beri, alpukat juga menjadi pilihan buah yang dapat menjaga kesehatan jantung anak. Alpukat merupakan sumber lemak monounsaturated yang baik dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta risiko penyakit jantung.

Alpukat diketahui kaya akan kalsium dan memiliki nutrisi yang penting bagi kesehatan jantung. Satu buah alpukat diklaim mampu memberikan sebanyak 975 mg kalium atau sekitar 28 persen dari jumlah yang dibutuhkan per harinya.

Itulah 5 makanan untuk si kecil agar membantu menjaga kesehatan jantungnya. Yuk, ajak anak-anak mengonsumsi makanan sehat!

Ditulis: Atika Riyanda Roosni

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Penelitian Membuktikan, Kebiasaan Makan Ini Membuat Performa Kerja Buruk
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Bernutrisi yang Bisa Bantu Anak Tumbuh Tinggi