Sukses

Parenting

10 Makanan yang Akan Meningkatkan Kekuatan Otak Bayi agar Pintar dan Cerdas

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak ingin punya bayi pintar dan cerdas? Sebab itu kita harus memberinya makanan terbaik yang membantu dalam perkembangan otaknya.

Apalagi tiga tahun pertama kehidupan seorang anak sangat penting, di mana otak sedang berkembang pesat. Ia membutuhkannya untuk berpikir, bereaksi, sampai memecahkan masalah. 

Kegiatan seperti bermain game,  mendengarkan musik, dan membiarkannya menjelajah sekeliling memainkan peran penting untuk mendorong fungsi gray cells-nya. Dan makanan mutlak menjadi peran penting yang dapat meningkatkan perkembangan otak bayi kita. 

Berikut 10 makanan terbaik untuk bayi yang akan meningkatkan kekuatan otaknya;

 

1. Greek Yoghurt

Yogurt bertindak seperti makanan untuk perkembangan otak bayi terbaik yang menjaga membran sel otak tetap fleksibel serta membantu otak mengirim dan menerima informasi. Vitamin B dalam yogurt diperlukan untuk pertumbuhan jaringan otak neurotransmiter seperti ditulis parents.com.

 

2. Sayuran

Sayuran kaya warna merupakan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan membantu menjaga sel-sel otak tetap sehat. Di antaranya ubi jalar, labu, dan wortel. Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi kaya akan folat yang mencegah demensia, begitu juga kale yang mengandung Sulfopraphane dan Diindolymethane untuk membantu pertumbuhan sel-sel otak.

 

 

3. Brokoli

Brokoli adalah makanan super lain untuk otak bayi. Mengandung DHA yang membantu neuron terhubung. Brokoli juga memiliki sifat melawan kanker yang membuatnya menjadi makanan otak bayi yang baik.

 

4. Alpukat

Alpukat bermanfaat untuk kesehatan otak yang menjadi sumber kaya lemak tak jenuh. Yang meningkatkan aliran darah ke otak. Alpukat juga mengandung asam oleat yang melindungi mielin. 

Myelin membantu perjalanan informasi dengan kecepatan 200 mil per jam. Tingginya kadar vitamin B kompleks dalam alpukat mengurangi risiko hipertensi pada bayi.

 

 

5. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan mackerel mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan bahan untuk membangun jaringan otak. Asam lemak omega 3 membantu pertumbuhan fungsi otak pada bayi. Mengonsumsi ikan secara teratur akan meningkatkan keterampilan mental anak.

 

6. Telur

Telur adalah gudang nutrisi yang mengandung asam lemak omega 3, seng, lutein, dan kolin yang meningkatkan konsentrasi. Kolin membantu menghasilkan asetikolin atau sel punca memori yang membantu meningkatkan daya ingat pada bayi.

 

 

7. Biji-bijian

Biji-bijian utuh meningkatkan konsentrasi pada bayi dengan memberikan otak mereka pasokan energi yang konstan. Biji-bijian juga memiliki indeks gllikemik rendah dan perlahan-lahan melepaskan glukosa ke dalam aliran darah yang menjaga anak tetap waspada sepanjang hari. Juga mengandung folat yang penting untuk berfungsinya otak.

 

8. Oatmeal

Menurut penelitian mengungkapkan anak-anak yang makan gandung untuk sarapan memiliki performa lebih baik menjalani tugas-tugas yang mengevaluasi memori spasial. Oat kaya akan vitamin E, seng, dan vitamin B kompleks. Kandungan seratnya yang tinggi memberi anak-anak aliran energi yang stabil.

 

 

9. Berries

Menurut penelitian di Universitas Tuft, buah beri meningkatkan fungsi kognitif tikus. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah beri meningkatkan daya ingat pada anak-anak serta mencegah stres oksidatif di otak.

 

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan kacang tanah adalah makanan ramah otak. Tingginya kadar vitamin E dalam makanan ini mencegah degenerasi kognitif. Kacang juga mengandung seng yang meningkatkan memori dan perkembangan otak.

#Elevate Women 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Hindari 7 Makanan Ini Setelah Memasuki Usia 30 Tahun untuk Menunda Tanda-Tanda Penuaan dan Tetap Awet Muda
Artikel Selanjutnya
Diary Fimela: Kiat Sukses Penyetan Cok dari Makanan Kaki Lima jadi Restoran Kekinian