Sukses

Parenting

Penjelasan Seusai Umur Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas

Fimela.com, Jakarta Dunia tempat yang baru bagi bayi mungil yang baru lahir. Ada begitu banyak keterampilan baru yang harus dipelajari mulai dari bicara, berjalan, melihat, dan berbagai perkembangan lainnya.

Ketika baru lahir, bayi belum bisa melihat dengan sempurna. Si kecil belum mengembangkan kemampuan untuk memfokuskan mata, menggerakkannya secara akurat, atau bahkan menggunakannya bersama-sama kedua pasang matanya.

Memproses informasi visual adalah bagian penting dalam memahami dunia di sekitar kita. Masalah penglihatan dan mata pada bayi dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan, jadi penting untuk menyadari proses perkembangan melihat bayi.

Berikut ulasannya, melansir healthline.

Bayi 4 bulan

Ketika bayi lahir, si kecil hanya bisa mengintip dunia di sekitarnya melalui mata yang kabur. Bayi dapat fokus paling baik pada objek antara 8 dan 10 inci dari wajah mereka. Itu adalah jarak yang tepat bagi bayi untuk melihat wajahmu saat memeluknya.

Setelah kegelapan selama di rahim, dunia adalah tempat yang cerah dan merangsang secara visual. Pada awalnya, akan sulit bagi bayi untuk melacak objek yang berbeda, atau bahkan membedakannya. Tapi ini tidak akan bertahan lama.

Dalam beberapa bulan pertama , mata bayi akan mulai bekerjasama dengan lebih efektif. Tetapi koordinasi bisa menjadi rumit, dan mungkin memperhatikan bahwa satu mata tampak kabur atau kedua mata tampak juling. Dalam kebanyakan kasus, ini normal.

Jika terus memperhatikan bahwa satu mata secara khusus tampaknya sering melihat ke dalam atau ke luar, ada baiknya berbicara dengan dokter anak.

Mungkin juga memperhatikan bahwa bayi mengembangkan koordinasi tangan-mata, terutama ketika melihat mata mereka melacak objek yang bergerak dan kemudian tangan mereka meraihnya.

Meskipun tidak diketahui seberapa baik bayi dapat membedakan warna saat lahir, penglihatan warna kemungkinan belum sepenuhnya berkembang pada tahap ini, dan bayi akan mendapat manfaat dari warna-warna cerah pada mainan dan selimut mereka. Pada usia sekitar 8 minggu, kebanyakan bayi dapat dengan mudah fokus pada wajah orang tuanya.

Sekitar 3 bulan, mata bayi harus mengikuti hal-hal di sekitar. Jika menggoyangkan mainan berwarna cerah di dekat bayi, seharusnya dapat melihat mata mereka melacak gerakannya dan tangan mereka meraihnya. Biasakan berbicara dengan bayi dan menunjukkan hal-hal yang dilihat.

Penglihatan bayi Anda: 5 hingga 8 bulan

Penglihatan bayi akan terus meningkat selama bulan-bulan ini. Bayi akan mulai mengembangkan keterampilan baru. Kemampuan untuk menentukan seberapa dekat atau jauh suatu objek berdasarkan objek di sekitarnya bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan bayi saat lahir.

Biasanya, mata bayi tidak bekerja cukup baik bersama-sama sampai sekitar 5 bulan. Pada usia itu, mata mereka dapat membentuk pandangan 3-D dunia yang mereka perlukan untuk mulai melihat sesuatu secara mendalam.

Koordinasi tangan-mata yang lebih baik membantu bayi menemukan sesuatu yang menarik, mengambilnya, memutarnya, dan menjelajahinya dengan berbagai cara. Bayi akan senang melihat wajahmu, tetapi mereka mungkin juga tertarik melihat buku-buku dengan benda-benda yang dikenalnya.

Banyak bayi mulai merangkak atau bergerak sekitar 8 bulan atau lebih. Selama waktu ini, penglihatan warna bayi juga akan meningkat. Bawa bayi ke tempat-tempat baru yang menarik, dan terus tunjukkan apa yang menarik.

Penglihatan bayi: 9 hingga 12 bulan

Pada saat bayi berusia 1 tahun, mereka akan dapat menilai jarak dengan baik. Ini adalah kemampuan yang berguna saat mereka menjelajahi sofa atau menavigasi ruang tamu dari satu sisi ke sisi lain. Pada titik ini, bayi juga bisa melempar barang dengan presisi, jadi berhati-hatilah!

Saat ini, bayi dapat melihat sesuatu dengan sangat jelas, baik yang dekat maupun yang jauh. Mereka dapat dengan cepat fokus pada objek yang bergerak cepat sekalipun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading