Sukses

Parenting

5 Tanda Anak Kreatif dan Cerdas yang Bisa Dilihat Sejak Dini

Fimela.com, Jakarta Salah satu tanda kecerdasan pada anak ialah memiliki jiwa kreatif. Kreativitas yang tinggi bisa membuat anak lebih mudah menyelesaikan masalahnya, mengasah kemampuan berpikir, produktif dan berprestasi.

Kreativitas pada anak itu berbeda-beda, tapi itu bisa dilihat dari tandanya, lho, Mom. Berikut ini beberapa ciri anak yang kreatif.

1. Fokus

Anak yang kreatif cenderung menghabiskan waktu berjam-jam untuk menekuni sesuatu yang menjadi minatnya, mereka selalu antusian untuk melakukannya. Mereka juga imajinatif, suka merenung dan selalu ingin memelajari banyak hal.

2. Campuran ekstrover dan introver

Anak yang kreatif memiliki kombinasi dua keprinadian ini. Di satu sisi mereka punya banyak teman dan pandai bergaul namun di sisi lainnya mereka juga tidak pernah lupa meluangkan waktu untuk menyendiri. Saat si kecil mulai fokus pada hal yang disukainya, mereka biasanya akan lupa dengan dunia sekelilingnya. 

3. Intuitif

Anak yang kreatif juga punya intuisi yang bagus, mereka pandai menalar sesuatu secara logis dan bisa mempraktikannya dengan baik. Anak yang kreatif tahu mana hal-hal potensial yang bisa mereka kerjakan dan mereka juga menikmati prosesnya.

4. Mandiri

Anak yang kreatif selalu bisa mengerjakan apa yang menjadi kewajibannya tanpa merepotkan orang lain. Ini karena orang yang kreatif terbiasa untuk memecahkan masalahnya sendiri. Jika tidak berhasil dengan satu cara, maka dia akan mencoba cara lainnya. Intinya, mereka tidak pernah kehabisan akal.

5. Realistis

Meskipun anak yang kreatif suka berimajinasi, tapi mereka tidak hanya berimajinasi saja. Mereka bahkan mampu merealisasikan apa yang ada dalam pikirannya menjadi kenyataan atau tindakan langsung. Jadi, orangtua tidak perlu heran jiak si kecil melakukan hal-hal random yang bahkan tak pernah diajarkan.

Anak yang kreatif juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mereka terbiasan dengan kemampuan berpikir yang luas dan tanpa batas. Jadi, kalau Mom ingin si kecil menjadi kreatif jangan terlalu membatasi mereka, biarkan mereka berpikir dan melakukan hal yang membuatnya semakin berkembang.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading