Sukses

Parenting

Ini Penyebab Persaingan dan Permusuhan di Antara Kakak Adik

Fimela.com, Jakarta Hubungan kakak adik di dalam keluarga terkadang cukup rumit. Ada saudara yang akur-akur saja dan banyak juga yang saling bersaing bahkan bermusuhan. Hubungan saudara kandung sendiri merupakan salah satu hubungan paling awal dan paling tahan lama yang kita miliki, namun terkadang persaingan dan permusuhan menjadikan hubungan saudara ini tidak sehat.

Meski sekilas mungkin terkesan buruk, tapi ternyata penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Scientific & Trechnology Research menemukan bahwa persaingan antar saudara kandung sebenarnya dapat memberikan manfaat, mengajarkan keterampilan anak-anak dalam bernegosiasi, berkompromi, mengelola emosi dan bahkan menyelesaikan konflik, jika bisa disikapi dengan tepat oleh orangtua.

Persaingan antar saudara

Namun perlu digarisbawahi, jika persaingan saudara ini berlanjut hingga usia dewasa, maka akan ada risiko terhadap rusaknya hubungan keluarga, mencatut masalah keuangan dan perawatan, di mana persaingan dapat menjadi cara yang buruk untuk mendapatkan perhatian orang tua.

Ahli menyebutkan ada beberapa penyebab yang umum terjadi.

1. Keadilan

Anak-anak sebenarnya berusaha untuk mendapatkan perlakuan yang sama dari orangtuanya. Ketika muncul persaingan atau ketidaksukaan anak kepada saudaranya, ada kemungkinan anak merasa orangtuanya lebih memanjakan atau memberikan perhatian khusus pada saudaranya. Ia merasa diabaikan atau tak diberikan perhatian yang ia inginkan. Kecemburuan inilah yang harus diatasi.

2. Dibandingkan

Meski memang anak-anak ingin diperlakukan sama atau adil dengan saudaranya, tapi mereka juga ingin diperlakukan "berbeda". Anak-anak tidak ingin diperlakukan sebagai copy-paste dari satu sama lain. Karena semua anak merasa istimewa dan unik, rasa individualitas mereka juga perlu dihargai. Setiap anak ingin orangtua mereka mengakui bahwa dia dan saudaranya berbeda, tak bisa dibandingkan.

Cukup dua alasan itu yang ternyata menjadi penyebab utama persaingan atau permusuhan namun bisa sangat berbahaya dalam menjaga hubungan yang sehat antara adik dan kakak.

#ElevateWoman with Fimela

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Model Tas Anak untuk Pergi Sekolah
Artikel Selanjutnya
3 Tips bagi Para Orangtua untuk Atasi Burnout saat Dampingi Anak Belajar Daring