Sukses

Parenting

Memperlancar ASI, 5 Asupan Ini Bisa Penuhi Nutrisi Ibu dan Bayi

Fimela.com, Jakarta Menyusui merupakan kerja keras seorang ibu yang dilakukan untuk dapat memenuhi nutrisi bagi anak. Untuk itu, bagi sang ibu sendiri juga membutuhkan nutrisi yang tepat agar suplai ASI dapat terus mengalir dengan lancar.

Inilah sebabnya mengapa makan berbagai asupan padat nutrisi dan utuh sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Memilih asupan yang kaya nutrisi di atas dapat membantu memastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi makro dan mikro yang ibu dan anak butuhkan.

Berikut beberapa pilihan asupan bergizi dan lezat yang harus diprioritaskan saat menyusui yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

1. Ikan salmon

Dikutip dari theeverymom.com Salmon merupakan makanan yang kaya akan protein, omega-3, vitamin B12, dan memiliki banyak DHA, lemak esensial untuk perkembangan sistem saraf bayi dan meningkatkan suplai ASI. Untuk hasil maksimal, pilihlah salmon tangkapan liar, yang memiliki nilai gizi lebih tinggi. 

2. Buncis

Dikutip dari verywellfamily.com, buncis merupakan makanan bergizi yang tinggi protein. Mereka juga mengandung estrogen tanaman yang mungkin bertanggung jawab untuk penggunaannya sebagai galactogogue. Anda bisa menambahkan buncis ke pasta atau salad. Hummus, olesan atau saus lezat yang terbuat dari buncis, adalah cara lain untuk menikmati kacang yang sangat sehat ini.

3. Sayuran hijau

Dikutip dari theeverymom.com Sayuran hijau dapat membantu meningkatkan laktasi, dan bonus, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang terpapar lebih awal rasa sayuran melalui ASI mungkin menyukai rasanya lebih baik ketika mereka lebih tua. Ini untuk balita yang menyukai sayuran. Kale, bayam dan brokoli bisa menjadi pilihan.

4. Berry

Dikutip dari kidspot.com.au dan theeverymom.com buah-buahan seperti blueberry, blackberry, stroberi, dan raspberry kaya akan vitamin C, kalsium, potassium, dan magnesium. Plus, kandungan airnya yang tinggi membantu ibu tetap terhidrasi dengan baik saat menyusui bayi. Serta hanya menghidrasi dan meningkatkan sistem kekebalan, tetapi juga merupakan kunci untuk perkembangan tulang. Tidak masalah apakah mereka segar atau beku, jadi simpanlah.

5. Alpukat

Dikutip dari parents.com, alpukat adalah pembangkit tenaga nutrisi untuk ibu menyusui. Alpukat mengandung hampir 80 persen lemak dan membantu menjaga rasa kenyang selain memberi tubuh Anda lemak yang menyehatkan jantung. Alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E yang baik.

 

*Penulis:  Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf.

#Women For Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading