Sukses

Parenting

Pertolongan Pertama untuk Anak yang Sakit Perut Disertai Muntah

Fimela.com, Jakarta Perut anak sakit membuat khawatir para orang tua, terlebih jika di sertai dengan mual dan juga muntah. Sebenarnya, sebagian penyebab sakit perut pada anak umumnya tidak berbahaya dan bisa di sembuhkan dengan pengobatan di rumah. Namun, jika anak mengalami sakit perut hingga berhari-hari, segera periksakan ke dokter untuk memastikan kesembuhan dan penanganan yang tepat.

Rasa nyeri dan tidak nyaman akibat sakit perut dapat mengganggu tidur, menimbulkan perubahan suasana hati, hingga gangguan pola makan. Alhasil, Anak cenderung mudah rewel dan menangis akibat kondisi yang dirasakannya.  Sakit perut perlu diatasi sedini mungkin agar kesehatan anak kembali pulih, sehingga tidak mengganggu aktivitasnya. Berikut cara pertolongan pertama untuk anak yang mengalami sakit perut disertai muntah.

Minum banyak cairan

Pada saat mengalami sakit perut, minta anak untuk meminum banyak cairan seperti air mineral. Karena pentingnya memberikan edukasi kapada anak bahwa tubuh membutuhkan cairan saat sakit perut melanda. Cairan ini pun punya alternatif seperti kuah kaldu ayam ataupun jus buah yang dicampur dengan air. Meminum banyak cairan seperti air putih dianggap sebagai cara mengatasi sakit perut pada anak yang ampuh karena dapat menenangkan saraf yang sakit di bagian perut. Sehingga, rasa sakit perut pun dapat dihilangkan.

Kompres perut anak dengan air hangat

Memberikan kompres air hangat kepada anak dapat menjadi solusi untuk pertolongan pertama bila sakit perut melanda. Anda bisa menggunakan botol dan mengisinya dengan air hangat lalu tempelkan di perut atau bisa di roll berulang di area perut. Mengompreskan botol berisikan air hangat atau bantal pemanas juga sudah dipercaya sebagai cara mengatasi sakit perut pada anak. Menurut para ahli, rasa hangat yang dirasakan oleh perut bisa melawan rasa sakit pada perut, sama seperti yang dilakukan oleh obat-obatan pereda nyeri.

 

Bila sakit perut disertai muntah membuat anak lapar, berikan makanan ringan

Biasanya anak yang mengalami sakit perut dan juga mual serta muntah akan lebih celpat mengalami lapar. Jika lapar tersebut melanda Pastikan anak tetap mendapat asupan, seperti cemilan biskuit, pisang, atau roti bakar. Pastikan juga bahwa anak selalu diawadi guna mencegah anak terkena dehidrasi. 

Meminum air kelapa

Memberikan air kelapa juga bisa menjadi pertolongan pertama anak sakit perut. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium dalam kadar yang cukup tinggi. Keduanya dapat membantu meradakan rasa nyeri, kram, dan kejang otot. Ditambah lagi, air kelapa juga rendah kalori, gula, dan asam. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencoba cara mengatasi sakit perut pada anak ini.

 

*Penulis : Saffa Sabila.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading